Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kegiatan Ibadah dan Tradisi di Lingkungan Keraton Kasepuhan Ditiadakan

Sejumlah rangkaian tradisi yang biasa dilakukan Keraton Kasepuhan Cirebon pada Hari Raya Idulfitri, untuk tahun ini ditiadakan akibatnya adanya penyebaran wabah Covid-19.
Hakim Baihaqi
Hakim Baihaqi - Bisnis.com 18 Mei 2020  |  13:45 WIB
Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Kota Cirebon, Jawa Barat - Bisnis/Hakim Baihaqi
Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Kota Cirebon, Jawa Barat - Bisnis/Hakim Baihaqi

Bisnis.com, CIREBON - Sejumlah rangkaian tradisi yang biasa dilakukan Keraton Kasepuhan Cirebon pada Hari Raya Idulfitri, untuk tahun ini ditiadakan akibatnya adanya penyebaran wabah Covid-19.

Selain, penyebab sejumlah tradisi ditiadakan pun sehubungan dengan perpanjangan pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon, Sultan Sepuh XIV Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat, menyebutkan, sehubungan dengan perpanjangan tersebut, salat idul fitri di Masjid Agung Sang Cipta Rasa dan Langgar Agung ditiadakan.

‎"Kemudian, tradisi penabuhan gamelan di Siti Inggil yang berada di Keraton Kasepuhan dan open house ditiadakan," kata Sultan Arief di Kota Cirebon, Jawa Barat, Senin (18/5/2020).

Tradisi grebeg syawal yang biasa dilakukan di Astana Gunungjati, Kecamatan Gunungjati, Kabupaten Cirebon‎, akan diundur pada Juni 2020.

Sultan Arief menyebutkan, selain tradisi lebaran, obyek wisata ziaran Keraton Kasepuhan, yakni wisata budaya keraton, Astana Gunung Jati, dan Taman Goa Sunyaragi akan ditutup sampai 31 Mei 2020.

"Mari kita semua jaga kesehatan dan berdoa, agar wabah covid 19 segera berakhir," katanya. (K45)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cirebon
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top