Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Banyak Warga tak Pakai Masker dengan Alasan Lupa Hingga tak Nyaman

Dengan diterapkanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Kota Bandung, maka setiap orang yang berada di tempat umum wajib mengenakan masker. Namun ternyata masih banyak warga yang belum mengenakannya.
Dea Andriyawan
Dea Andriyawan - Bisnis.com 22 April 2020  |  16:32 WIB
PSBB hari pertama di Kota Bandung - Bisnis/Dea Andriyawan
PSBB hari pertama di Kota Bandung - Bisnis/Dea Andriyawan

Bisnis.com, BANDUNG - Dengan diterapkanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Kota Bandung, maka setiap orang yang berada di tempat umum wajib mengenakan masker. Namun ternyata masih banyak warga yang belum mengenakannya.

Padahal sebelum pelaksanaan PSBB, pemerintah juga telah mengimbau setiap orang yang berada di luar ruangan mengenakan masker.

Berdasarkan pantauan, di Pasar Kordon, Rabu (22/4/2020), masih banyak pedagang dan pembeli pasar yang tidak menggunakan masker.

Salah satu pengunjung pasar yang sedang berbelanja, Euis (32) mengatakan, alasan tidak memakai masker mengaku jarang keluar rumah. Untuk kali ini ia mengaku sedang terburu-buru jadi tidak sempat mengenakan masker.

"Iya, tadi keburu-buru. Lagipula saya juga jarang keluar rumah. Kalau pun keluar cuma ke pasar," akunya.

Sedangkan salah seorang pedagang, Asep mengaku tak nyaman jika mengenakan masker.

"Saya memang tahu pentingnya menggunakan masker, tetapi gak nyaman kalau dagang sambil pake masker," kilahnya.

Tidak hanya Euis dan Asep, masih banyak ditemui masyarakat yang keluar rumah tanpa mengenakan masker. Padahal hal tersebut sudah menjadi standar bagi masyarakat jika keluar rumah demi mencegah penularan Covid-19.

Sebelumnya, Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Bandung, Oded M Danial telah menganjurkan agar setiap pasar tradisional harus menerapkan protokol yang dianjurkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Kita tahu pasar merupakan tempat aktivitas pusat ekonomi masyarakat, tetapi harus tetap dijaga operasionalnya dengan menerapkan standar kesehatan. Seperti menggunakan masker ketika bepergian dan selalu jaga jarak,” ujar Oded beberapa waktu lalu. (K34)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top