Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Rapid Test di Jabar, Ridwan Kamil Pilih Cara Drive Thru

Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggunakan cara drive thru untuk mencegah interaksi langsung antara masyarakat dengan tenaga medis selama proses pengecekan atau rapid test untuk mendeteksi virus Corona.
Fitri Sartina Dewi
Fitri Sartina Dewi - Bisnis.com 28 Maret 2020  |  20:36 WIB
Masyarakat di Kota Bogor mengikuti tes massif virus Corona dengan cara drive thru, Sabtu (28/3/2020) - Instagram @ridwankamil.
Masyarakat di Kota Bogor mengikuti tes massif virus Corona dengan cara drive thru, Sabtu (28/3/2020) - Instagram @ridwankamil.

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah memulai tes cepat untuk mendeteksi virus Corona atau Covid-19 dengan menerapkan sistem drive thru sehingga masyarakat tidak perlu turun dari kendaraannya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui akun resmi instagramnya @ridwankamil menyatakan bahwa untuk kategori B sudah mulai dilakukan tes cepat untuk mendeteksi kemungkinan terinfeksi virus Corona.  Adapun, kategori B yang dimaksud yaitu profesi-profesi yang interaksi sosialnya tinggi.

Untuk menjalankan rapid test, Ridwan menegaskan bahwa masyarakat tidak ada yang turun dari kendaraan. Pemeriksaan dilakukan sesuai surat panggilan dan nomor antrian. 

Hal itu dilakukan agar tidak ada interaksi langsung. Adapun, hasil tesnya nanti akan dikirimkan ke ponsel masing-masing.

“Yang tidak punya kendaraan akan difasilitasi oleh pengurus RW masing-masing di wilayahnya,” tulis Ridwan Kamil dalam akun resmi instagramnya @ridwankamil, Sabtu (28/3/2020). 

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Kang Emil ini memastikan bahwa tes masif untuk masyarakat kategori A yang terdiri dari dokter, tenaga kesehatan, orang dalam pengawasan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP) serta keluarga dan teman-teman terdekatnya sudah selesai dilakukan. 

“Sedang direkap [hasil tesnya] hari ini. Sementara hasil ada sekian persen yang positif. Dengan tes masif ini, Insya Allah peta persebaran sudah mulai terlihat jelas, dan tindakan kita bisa lebih terukur dan lebih gesit,” jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jawa barat Virus Corona rapid test
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top