Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UMKM Binaan DAHANA Ekspor Handicraft ke Jerman

Salah satu UMKM mitra binaan PT DAHANA (Persero) yang bergerak di bidang handicraft berhasil mengekspor kerajinannya ke Jerman.
Pelepasan ekspor UMKM mitra binaan PT DAHANA (Persero) yang memproduksi handicraft, di halaman Kantor PLUT KUMKM Subang./Istimewa
Pelepasan ekspor UMKM mitra binaan PT DAHANA (Persero) yang memproduksi handicraft, di halaman Kantor PLUT KUMKM Subang./Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG - Salah satu UMKM mitra binaan PT DAHANA (Persero) yang bergerak di bidang handicraft berhasil mengekspor kerajinannya ke Jerman.

Acara pelepasan ekspor pada Jumat (21/2/2020) dilakukan di halaman Kantor PLUT KUMKM Subang dan dihadiri langsung Bupati Subang H. Ruhimat dan unsur Muspida Kabupaten Subang.

Hernawan, salah satu perajin kerajinan tangan berupa ukiran patung kayu merupakan salah satu mitra binaan PT DAHANA (Persero). Mitra binaan asal Subang ini bergabung menjadi mitra binaan BUMN yang bergerak di bidang bahan peledak ini sejak 2017. Selain mendapat bantuan permodalan, perajin ini juga mendapatkan pelatihan untuk dapat bersaing dalam memasarkan produknya.

Pencapaian mitra binaan Dahana ini mendapat sambutan hangat dari berbagai pihak, salah satunya pemerintah Kabupaten Subang. Dalam sambutannya, Bupati Subang H. Ruhimat mengharapkan momentum ekspor ini menjadi titik awal untuk ekspor UMKM Subang berikutnya.

"Terima kasih kepada PT DAHANA (Persero) yang telah bersinergi dengan pemerintahan Kabupaten Subang dalam memajukan pelaku usaha UMKM. Saya harap ini menjadi titik awal dan dapat diikuti oleh pelaku usaha lain di Kabupaten Subang. Target ke depan semoga setiap minggunya ada pelepasan ekspor produk dari pelaku UMKM Subang ke luar negeri," harap H. Ruhimat.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Subang Hj. Yoyoh Ruhimat juga turut berterima kasih kepada PT DAHANA (Persero) yang sudah turut serta membantu para pelaku UMKM di kabupaten Subang untuk mengembangkan usahanya hingga bisa tembus pasar internasional.

"Semoga dengan adanya dukungan dari DAHANA banyak pelaku UMKM yang bisa mengikuti jejak Pak Hernawan untuk memasarkan hasil kerajinannya secara go international,” ungkap Hj. Yoyoh Ruhimat.

Mewakili Manajemen PT DAHANA (Persero), Sekretaris perusahaan Asep Maskandar merasa bahagia atas pencapaian dari UMKM Subang untuk Go International. Menurut Asep, ini tentunya sebuah pencapaian yang luar biasa dan tidak terjadi dengan tiba-tiba. Ada proses di dalamnya, ada kerja keras, dan ada dukungan untuk meraihnya.

"UMKM milik Pak Hernawan ini bekerjasama dengan PT DAHANA sejak 2017, dan ini salah satu contoh UMKM yang berhasil naik kelas. Harapannya semoga dapat menular ke UMKM lainnya. Sesuai tema DAHANA di tahun 2020 ini, Stronger with collaboration, maka kami akan banyak berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam menjalankan program-program perusahaan,” ungkap Asep Maskandar.

Menurut Asep, tahun ini DAHANA memiliki target untuk mendirikan RKB (Rumah Kreatif BUMN). Di RKB ini nanti tempat berkumpulnya UMKM untuk belajar dan mencari informasi tentang usaha. Selain itu, masih ada program-program CSR lainnya seperti Mudik Gratis Lebaran, Pekan CSR Dahana dan program lainnya.

Sebagaimana diketahui, PT DAHANA (Persero) sebagai perusahaan BUMN terus berkomitmen untuk turut serta memajukan kehidupan sosial masyarakat. Melalui unit khusus PKBL, DAHANA secara berkelanjutan menggulirkan program kemitraan dan bina lingkungan.

Ketua PKBL PT DAHANA (Persero) Eman Suherman, menambahkan program kemitraan adalah sebuah program dimana para pelaku usaha UMKM atau pengusaha kecil mandiri digandeng menjadi mitra binaan dan diberikan bantuan berupa pinjaman lunak.

“Syarat menjadi mitra binaan adalah harus sudah memiliki usaha minimal selama 6 bulan dan omsetnya termasuk ke kategori UMKM. Besaran pinjaman nanti disesuaikan dengan kemampuan bayar masing-masing pelaku usaha sehingga tidak membebankan bagi pelaku usaha itu sendiri. Selain diberikan pinjaman, para mitra kami juga diberikan pengarahan maupun pelatihan untuk membantu memajukan dan mengembangkan usahanya,” ujar Eman Suherman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ajijah
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper