Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Jadinya Jika Milenial Betul-betul Melek Investasi

Ini Jadinya Jika Milenial Betul-betul Melek Investasi
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 29 Januari 2020  |  13:51 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, BANDUNG– Indonesia kini menghadapi bonus demografi dengan populasi milenial sepertiga dari total populasi, tetapi generasi ini dianggap kurang cakap dalam berinvestasi dan mengelola keuangan.

Riset oleh Alvara Indonesia pada 2019 menunjukan bahwa milenial hanya mampu mengalokasikan pengeluarannya untuk ditabung kurang dari 10%. Pengaruh gaya hidup yang dinamis ditambah minimnya pengetahuan tentang pengelolaan keuangan menjadi tantangan bagi generasi milenial untuk mengatur keuangan.

Padahal, peningkatan kapasitas milenial dalam pengelolaan keuangan mampu menjadi stimulan penggerak roda ekonomi negara, terlebih jika mengingat jumlah populasinya yang tak sedikit.

Lily Suriani, General Manager Kredivo melihat ada potensi dan dampak luar biasa bila mereka sebagai generasi melek digital juga mampu menjadi generasi melek keuangan. Menurutnya salah satu  faktor pendukung menjadikan negara sehat secara ekonomi adalah masyarakatnya yang mesti sehat secara finansial.

 “Terutama mengingat jumlah milenial yang mendominasi populasi di Indonesia, dengan kelas menengah urban sebagai salah satu pemegang estafet bonus demografi Indonesia 2020-2030,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (29/1/2020).

Untuk melihat lebih jauh, berikut pengaruh signfikan yang muncul saat generasi milenial melek keuangan:

Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan

Dampak yang paling nyata dalam hal ini dapat dilihat dari pertumbuhan ekonomi berkelanjutan.  Milenial akan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola keuangan dan mudah mendapatkan akses layanan finansial, seperti kredit usaha, asuransi, dan instrumen investasi lainnya.

Terlebih ketika generasi ini sudah memiliki pemahaman berbagai macam instrumen investasi yang dapat menjadi nilai lebih bagi kemampuan finansial mereka sendiri, bekal pendapatan di masa depan yang dimiliki pun semakin bertambah.

Hal ini membuat milenial memiliki kemandirian secara ekonomi dan harapan hidup yang  berkualitas di masa depan terutama saat di usia yang sudah tidak produktif.

Peningkatan Sumber Daya Manusia

Jika milenial Indonesia menjadi generasi melek keuangan, kekuatan ini juga dapat berimplikasi pada peningkatan kompetensi sumber daya manusia di Indonesia. Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) melihat bahwa terdapat korelasi di antara banyaknya masyarakat yang memiliki kemampuan literasi keuangan dengan skor PISA (Programme for International Student Assessment) yang ada pada negara tersebut melalui edukasi kemampuan keuangan (financial education).

Kemampuan untuk melek keuangan berdampak langsung kepada peningkatan kualitas SDM, ketika individu tersebut belajar bagaimana menganalisis masalah, membuat keputusan, dan mengukur risiko dalam permasalahan ekonomi yang ada. Lambat laun kemampuan setiap individu ini dapat berdampak pada akselerasi angka Indeks Pembangunan Manusia (Human Development Index) Indonesia, khususnya pada kelompok masyarakat usia produktif.

Pengentasan Kemiskinan Negara

Tidak hanya Otoritas Jasa Keuangan, tetapi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) juga menyebutkan peningkatan literasi keuangan memiliki pengaruh yang signifikan dalam usaha pengentasan kemiskinan.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa di era globalisasi ini, baik peningkatan literasi keuangan, kesadaran menabung, dan akses terhadap jasa keuangan formal sangatlah diperlukan agar dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan dan kondisi ekonomi, terutama bagi generasi milenial. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi generasi milenial
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top