Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UMMA Gelar Workshop Dakwah Digital untuk Ulama Jabar

Aplikasi berbasis komunitas muslim umma PT Khazanah Prima Sukses bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar 'Workshop Dakwah Digital untuk Ulama Jawa Barat' di Grand Asrilia Hotel, Bandung, Selasa (26/11/2019).
Co-Founder dan CEO umma, Indra Wiralaksmana/Bisnis-Wisnu Wage
Co-Founder dan CEO umma, Indra Wiralaksmana/Bisnis-Wisnu Wage

Bisnis.com, BANDUNG—Aplikasi berbasis komunitas muslim umma PT Khazanah Prima Sukses bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar 'Workshop Dakwah Digital untuk Ulama Jawa Barat' di Grand Asrilia Hotel, Bandung, Selasa (26/11/2019).

Kegiatan ini diikuti oleh 90 ulama dari sejumlah Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Islam di Jawa Barat. Dalam workshop tersebut, para ulama akan mendapatkan pelatihan mengenai cara berdakwah di media sosial dari para profesional yang bergerak di bidang digital.

Co-Founder dan CEO umma, Indra Wiralaksmana mengatakan, 'Workshop Dakwah Digital untuk Ulama Jawa Barat' adalah salah satu bentuk implementasi dari pengembangan solusi dan inovasi dalam berdakwah Islam.

“Kegiatan ini sebagai bentuk implementasi dari pengembangan solusi dan inovasi dalam berdakwah Islam melalui kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat, komunitas ulama Jawa Barat, dan platform aplikasi religi,” kata Indra, Selasa (26/11/2019).

Menurut Indra, dampak perkembangan era digital yang semakin maju saat ini menyebabkan arus informasi menyebar kian cepat. Sehingga, lanjut dia, informasi dapat dengan mudah diakses oleh siapa pun bahkan walau melalui genggaman tangan saja.

Tren penyebaran informasi yang makin cepat tersebut, lanjut Indra, tentunya membuka peluang bagi para ulama untuk mengembangkan konten dakwah digital, melengkapi aktivitas dakwah tatap muka di majelis.

“Program ‘Workshop Dakwah Digital untuk Ulama Jawa Barat’ memberikan kesempatan bagi ulama-ulama Jawa Barat untuk meningkatkan kemampuan literasi digital yang diharapkan dapat mendukung kegiatan dakwah,” terang Indra.

Lebih lanjut Indra mengatakan, hingga November 2019, aplikasi umma telah diunduh oleh 5 juta pengguna di Indonesia. Dengan ratusan ribu pengguna aktif setiap hari, lanjut dia, umma berupaya menjadi wadah bagi komunitas Islam dan juga para ustaz/ustazah untuk menyebarkan dakwah baik dalam bentuk video, artikel, gambar ataupun podcast.

“Misi kami adalah membantu pengguna untuk bersama-sama menjadi muslim yang lebih baik (khairu ummah) melalui pemanfaatan teknologi. Aplikasi kami dikembangkan untuk menjawab kebutuhan kaum muslim akan informasi seputar Islam yang terpercaya dalam satu wadah,” ujarnya.

Indra mengatakan, umma hadir untuk menyebarkan konten-konten positif yang bermanfaat tidak hanya bagi kaum muslimin, tetapi juga masyarakat Indonesia pada umumnya.

Selain itu, Indra berharap, umma tidak hanya dakwah di tingkat domestik, tapi juga membawa Islam di Indonesia ke ranah global.

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengapresiasi cara ini sebagai inovasi dalam syiar Islam. "Kita bangga punya gubernur Kang Emil (Ridwan Kamil). Banyak inovasi, termasuk dalam bidang keagamaan," katanya.

Uu menjelaskan, saat ini perkembangan digitalisasi tidak bisa dihindari. Ini harus dimanfaatkan dengan baik termasuk oleh dunia dakwah. "Maka, dakwah lewat digital ini sudah tidak bisa dihindari," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper