Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ridwan Kamil akan Tindaklanjuti Pidato Hari Guru Nadiem Makarim

Pidato Hari Guru Nasional 2019 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim yang viral dalam dua hari terakhir langsung direspons Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 25 November 2019  |  10:37 WIB
Ridwan Kamil - Bisnis/Wisnu Wage Pamungkas
Ridwan Kamil - Bisnis/Wisnu Wage Pamungkas

Bisnis.com,BANDUNG—Pidato Hari Guru Nasional 2019 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim yang viral dalam dua hari terakhir langsung direspons Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil mengatakan pidato dua halaman Nadiem mengajak guru mengubah konsep belajar siswa di sekolah harus menyenangkan dan tidak melulu menghapal. Siswa menurutnya bisa diajak untuk melakukan bakti sosial dan kegiatan belajar yang sifatnya interaktif juga mendorong siswa berani menyampaikan gagasan.

“Pidato ini juga berisi simpati pada guru yang banyak kendala dalam mengembangkan inovasi dan kreatifitas,” katanya usai upacara Hari Guru Nasional tingkat Jabar 2019 di Gasibu, Bandung, Senin (25/11/2019).

Menurutnya pidato Nadiem sarat mengajak perubahan-perubahan cara mendidik siswa karena itu pihaknya akan menindaklanjuti arahan tersebut agar konsep belajar mengajar siswa tidak monoton dengan kurikulum yang sifatnya menghapal dan guru terbebani urusan administrasi.

“Saya kira itu, kewajiban kami sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah tentu akan kita terjemahkan maksud Pak Menteri sebagai kebijakan di Jawa Barat,” ujarnya.

Meski banyak yang meragukan implementasi dari pidato Nadiem tersebut, menurutnya hal baru yang memaksa keluar dari zona nyaman pasti selalu ada dinamika penuh skeptisme. “Hidup mah harus optimis, saya mendukung pak menteri. Masalahnya kan bahasanya terlalu umum belum ke teknis seperti apa,” tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mendikbud
Editor : Ajijah
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top