Dinas PSDA Jabar Genjot 5 Proyek Wisata Air

Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Jawa Barat tengah menggenjot sejumlah proyek fisik yang berhubungan dengan wisata air.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 04 September 2019  |  12:51 WIB
Dinas PSDA Jabar Genjot 5 Proyek Wisata Air
Kadis PSDA Jabar Linda Al Amin (kanan) - Bisnis/Wisnu Wage

Bisnis.com, BANDUNG—Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Jawa Barat tengah menggenjot sejumlah proyek fisik yang berhubungan dengan wisata air.

Kadis PSDA Jabar Linda Al Amin mengatakan sesuai kewenangan pihaknya, pada 2019 ini tengah memprioritaskan pembenahan infrastruktur yang terkait dengan destinasi wisata air Jawa Barat.

“Tahun ini kami melaksanakan rehabilitasi dan penataan situ, danau atau waduk, dan saluran tidak hanya untuk urusan pengelolaan sumber daya air tapi juga pendukung pariwisata,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Rabu (4/9/2019).

Linda mencatat setidaknya ada 5 kegiatan strategis pada 2019 yang rencananaya akan dilanjutkan pada 2020 mendatang. Pertama, penataan dan revitalisasi Kalimalang Kota Bekasi, penataan Situ Rawakalong Kota Depok, pembenahan Waduk Darma Kuningan, Situ Ciburuy Bandung Barat dan Pantai Barat Pangandaran.

‘Proyek dikerjakan tahun 2019 sebagian dan dilanjutkan 2020, kita sudah punya DED yang lengkap, dan mudah-mudahan bisa terlaksana di 2 tahun ini. Sehingga akan mengubah wajah berbagai situ, waduk dan saluran tadi menjadi lebih menarik dan menjadi destinasi wisata,” tuturnya.

Guna menggenjot proyek tersebut DPSDA juga menurutnya sudah berkoordinasi dengan Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR. Mengingat di luar Pangandaran, empat proyek lain berada di wilayah sungai yang kewenangannya dipegang Pusat.

“Kami berharap perizinan sudah bisa diterbitkan. Sebagai informasi semua infrastruktur perizinan lingkungannya sudah ada, bisa langsung [dimulai] pertengahan September ini,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pemprov jabar

Editor : Ajijah

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top