Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SPAM Leuwilayung Cimahi Akan Dibangun Tahun 2020

Pembuatan Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) di Sungai Leuwilayung, Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi akan direalisasikan tahun 2020 mendatang.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, CIMAHI - Pembuatan Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) di Sungai Leuwilayung, Kelurahan Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi akan direalisasikan tahun 2020 mendatang.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi, Muhammad Nur Kuswandana mengatakan pembebasan lahan bisa selesai tahun ini. Setelah pembebasan lahan selesai, maka akan dilanjutkan dengan pembangun fisik.

Pengembangan fisik ini dimulai dari jalan pembukaan akses menuju lokasi pembangunan SPAM. Akses jalan ke lokasi SPAM ini berjarak sekitar 250 meter.

“Setelah akses jalan terbuka, kontruksi utama dimulai seperti SPAM, bak pengendap air hingga bak penampungan air bersih hingga Jaringan Distribusi Utama (JDU),” ujar Nur, dilansir website Pemerintah Kota Cimahi, Jumat (12/7/2019).

Dia menambahkan, untuk anggaran kebutuhan kontruksi itu, diperkirakan mencapai Rp26 miliar. Anggaran itu hanya untuk pembuatan SPAM, bak pengendap dan bak penampungan air bersih, JDU hingga beberapa Sambungan Rumah (SR). Anggaran itu keluar berdasarkan hasil kajian Detail Engineering Design (DED) yang dilakukan oleh pihak ketiga.

“Jika sudah jadi, SPAM dari Sungai Leuwilayung itu akan memiliki kapasitas hingga 50 liter per detik. Cakupan layanannya bisa mencapai 5.000 SR. Cakupan wilayahnya itu Citeureup, Cibabat sampai sebagian Kelurahan Cimahi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Novianti
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper