Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 
 
Bisnis.com, BANDUNG--Otoritas Jasa Keuangan Bidang Pengawasan Sektor Pasar Modal menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi dan Edukasi Pasar Modal Terpadu (SEPMT) 2019 di Bandung, Jawa Barat pada 19-20 Juni 2019. 
 
Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama PT Bursa Efek Indonesia (BEI), dan stakeholder lainnya.
 
Adapun tujuan dari kegiatan dimaksud, yang pertama adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat khususnya di daerah atas informasi aktual perkembangan di Pasar Modal. Kedua, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam berinvestasi yang cerdas dan aman.
 
Ketiga, sebagai bentuk ajakan persuasif kepada masyarakat untuk dapat menjadi investor di Pasar Modal. Keempat, untuk memberikan informasi kepada perusahaan di daerah tentang akses pendanaan yang mudah melalui Pasar Modal. Terakhir, adalah sebagai wujud kongkret dari recycle pungutan OJK.
 
Berdasarkan survei indeks literasi keuangan tahun 2016, indeks Pasar Modal Nasional sebesar 4,4% meningkat dari yang sebelumnya di tahun 2013 yaitu  sebesar 3,79%. Artinya dari 2013 – 2016 mengalami peningkatan sebesar 0,61%.
 
Sedangkan untuk indeks inklusi nasional tahun 2016 juga mengalami peningkatan dari 0,11% di tahun 2013 menjadi 1,25% di tahun 2016, atau meningkat sebesar 1,14%.
 
Data Pasar Modal Provinsi Jawa Barat menunjukkan bahwa secara umum, jumlah investor pasar modal sektor saham di Provinsi Jawa Barat per April 2019 berjumlah 324.326 investor. (sumber data OJK)
 
Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk di Provinsi Jawa Barat pada tahun 2018 yaitu 48.037.600  jiwa, maka jumlah penduduk Jawa Barat yang berinvestasi di sektor pasar modal kurang lebih sebesar 0,68% dari total jumlah penduduk.
 
Hingga saat ini terdapat 40 emiten ekuitas, 3 emiten obligasi, dan 1 perusahaan publik yang berdomisili kantor pusatnya di Provinsi Jawa Barat. (data per Des 2018)
Sementara itu, jumlah perusahaan efek ada 60 kantor cabang yang tersebar di wilayah Jawa Barat (data per Des 2018), sedangkan manajer investasi (MI) ada 10 kantor cabang di wilayah Jawa Barat.
 
Galeri Investasi BEI di Jawa Barat ada 43 yakni 18 Galeri Investasi di Bandung, 5 di Bogor, 5 di Bekasi, 1 di Cimahi, 3 di Cirebon, 2 di Depok, 2 di Tasikmalaya, 2 di Subang, 2 di Sumedang, 1 di Majalengka,1 di Kuningan, dan 1 di Ciamis.
 
 
Target peserta dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah para pelaku bisnis di daerah, wartawan, akademisi di daerah, dan Pejabat/Pegawai Kantor OJK.
 
 
Adapun kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 19 s.d. 20 Juni 2019 di Bandung, Jawa Barat yakni mencakup seminar pasar modal kepada akademisi, komunitas, dan masyarakt umum; workshop go public kepada perusahaan daerah di Provinsi Jawa Barat; media gathering bersama wartawan daerah Provinsi Jawa Barat; pendalaman materi pasar modal kepada rekan-rekan pegawai Kantor OJK Regional 2 Jawa Barat; dan business meeting dengan pemilik/pengendali kelompok usaha di Provinsi Jawa Barat.
 
Melalui kegiatan ini diharapkan dapat lebih meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pasar modal khususnya di Kota Bandung, Jawa Barat.
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper