Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ridwan Kamil Minta Warga Bekasi Diprioritaskan Jadi Tenaga Kerja

Bisnis.com,BANDUNG—Pemerintah Provinsi Jawa Barat meminta Pemkab Bekasi serius mempersiapkan tenaga kerja lokal untuk kebutuhan industri baru di sana.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan di era industri 4.0, Bekasi akan menjadi etalase tumbuhnya industri modern terutama di kawasan industri. 

Karena itu penyiapan tenaga kerja lokal sudah dititipkan pihaknya pada Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja. “Profesionalisme [tenaga kerja] tolong ditingkatkan,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Rabu (12/6).

Pihaknya mengaku persoalan masih tingginya angka pengangguran di Bekasi menjadi keprihatinan mengingat angkanya mencapai 9% lebih tinggi dibanding angka pengangguran Nasional. Padahal banyak kawasan industri yang berdiri di sana.

“Saya tidak mau dan sedih kalau dengar warga Bekasi sendiri merasa jadi tamu. Yang bekerja banyak dari provinsi lain, kebanyakan warga lokal hanya di level ujung,” katanya. 

Pihaknya berkomitmen akan memprioritaskan warga lokal untuk bekerja di industri-industri yang ada di Bekasi. Syaratnya, Emil akan membuat kebijakan agar setiap industri di Bekasi membuat teaching factory dimana para muridnya merupakan warga lokal.

“Kita bikin kebijakan memprioritaskan warga lokal, itu boleh. Kedua, mewajibkan pabrik pabrik itu bikin sekolah namanyateaching factory. Tapi yang menjadi murid di sana warga lokal, lulus di sana skill-nya meningkat, sesuai kebutuhan, sehingga bisa disalurkan,” paparnya.

Di tempat yang sama, Bupati Eka mengaku untuk mengurangi pengangguran di daerahnya, Pemkab Bekasi akan menggelar berbagai pelatihan kerja. Selain itu, Eka akan menerapkan aturan yang mewajibkan industri untuk menerima warga lokal sebanyak 30%n dari kebutuhan tenaga kerjanya.

 “Ada regulasi juga di kita (Pemkab Bekasi), bahwa ada kewajiban bagi pengusaha terkait dengan izin juga nanti untuk berpartisipasi 30 persen bisa menerima tenaga lokal. Kalau memang (tenaga kerja lokal) belum mampu nanti diharapkan bisa dilatih biar mampu,” katanya.

Eka sendiri mengaku urusan ketenagakerjaan bagian dari prioritas pihaknya membenahi pemenuhan kebutuhan dasar warga Bekasi selain pendidikan dan kesehatan.

“Kita akan fokus dalam beberapa hal dalam waktu dekat ini terutama dalam masalah kebutuhan dasar yaitu pendidikan kesehatan, tadi terkait ketenagakerjaan terus untuk selanjutnya ekonomi kreatif ada beberapa hal lagi, termasuk infrastruktur,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler