Yuk! Buka Puasa dengan Pempek Montok Khas Palembang

Novianti
Novianti - Bisnis.com 23 Mei 2019  |  10:31 WIB
Yuk! Buka Puasa dengan Pempek Montok Khas Palembang
Yuk! Buka Puasa dengan Pempek Montok Khas Palembang - Bisnis/Novi

Bisnis.com, BANDUNG – Pempek merupakan makanan khas Palembang yang cukup mudah ditemukan di Kota Bandung. Di kota ini, pempek dijual oleh pedagang kaki lima atau gerai-gerai khusus. Salah satu gerai yang menyajikan pempek asli Palembang adalah Pempek Montok.

Owner Pempek Montok, Maya Lovita mengatakan pempek rintisannya dinamakan montok karena bentuknya yang cukup besar. Wanita asli Palembang ini mengaku meskipun bentuk pempek olahannya besar, harga yang ditawarkan tetap terjangkau. Harga yang terjangkau ini tetap mengutamakan kualitas rasa dan kebersihannya.

“Terdapat lima varian pempek yang kami tawarkan antara lain pempek adaan, kulit, lenjer, telur dan kapal selam,” ujar Maya, Rabu (22/5/2019).

Maya menjelaskan, pada dasarnya pempek terbuat dari campuran tepung kanji, bumbu dan ikan tenggiri. Setelah itu, pempek direbus lalu digoreng jika hendak disajikan. Namun, berbeda dengan pempek adaan. Setelah adonan terbentuk, varian ini bisa langsung digoreng atau tidak perlu direbus terlebih dahulu.

“Pempek kulit kami buat murni dari kulit ikan tenggiri. Untuk pempek telur, kami menggunakan telur ayam,” katanya.

Dia menambahkan, pempek tidak lengkap jika tidak diberi cuko. Cuko merupakan kuah pempek yang terbuat dari campuran air, gula aren, cabai, bawang putih dan ebi. Cuko sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu manis dan pedas.

“Pempek Montok mulai berdiri tahun 2018. Hingga saat ini, kami berjualan via online, offline dan reseller. Kami sudah hadir dibeberapa kota seperti Bandung, Lampung dan Palembang,” ujarnya.

Tak hanya sekedar berjualan, Maya juga memanfaatkan usaha ini sebagai ladang berbagi dan beramal. Dia membuka reseller khusus untuk masyarakat menengah ke bawah yang ingin usaha namun terkendala modal.

“Kalau yang benar-benar ingin usaha kami bisa pinjamkan gerobak, peralatan dan pempeknya. Nanti, kita bisa saling bagi hasil. Hingga saat ini sudah ada 15 booth yang bergabung,” ujarnya.

Bagi Anda yang penasaran dengan keunikan Pempek Montok asli Palembang ini, dapat mengunjungi Metrolicious Ramadan di Metro Indah Mall Bandung (MIM).

Metrolicious Ramadan ini menghadirkan bazar kuliner dengan 40 jenis menu yang bisa dipilih untuk berbuka puasa. Selain itu, pengunjung juga bisa menyaksikan keseruan live cooking dan menunggu waktu berbuka sambil menyaksikan kompetisi nasyid, band religi serta mengikuti tausiyah.

Ketika berbuka puasa, pengunjung akan ditemi oleh live music dari musisi-musisi seperti Band in Bandung, Clue Band, Spekta Band, Threevo Capela, Melvies Coustic, Milsha Smantha dan Sarah Idol.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
wisata bandung

Editor : Ajijah

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top