Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com, BANDUNG — Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) pada 20 Mei menjadi simbol bangkitnya keinginan rakyat Indonesia untuk bergerak merebut hak kemerdekaan. Gerakan tersebut ditandai dengan lahirnya organisasi Boedi Oetomo yang menjadi cikal bakal pergerakan Indonesia pada tahun 1908.
 
Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. Ia menilai hal terpenting saat ini adalah merajut kembali persatuan bangsa. Perbedaan pilihan politik sebagai konsekuensi dari azas demokrasi tidak menjadi bilah peruncing keberagaman yang telah menjadi karakteristik khas Indonesia.
 
“Kita harus kembali kepada jiwa persatuan. Meskipun kita kemarin dalam proses demokrasi pemilihan presiden ada perbedaan. Tetapi karena seluruh proses ini hampir selesai, jadi pemerintah mengingatkan lagi, kalau kita ingin menjadi bangsa yang besar, kuncinya adalah kita harus bersatu,” tegas Yana, Senin (20/5).
 
Hal tersebut senada dengan tema peringatan Harkitnas tahun ini, yaitu “Bangkit untuk Bersatu,” kebangkitan untuk persatuan. Persatuan itu, salah satunya, diwujudkan dalam peran gotong royong yang menjadi kekuatan bangsa Indonesia selama berabad-abad dan dikenal di seluruh budaya.
 
Bagi pria asli kelahiran Bandung ini, menjaga persatuan jauh lebih penting pada situasi hari ini. Pemilihan presiden jangan sampai menjadi titik kemunduran yang menodai demokrasi.
 
Oleh sebab itu, ia mengimbau, khususnya, kepada warga Kota Bandung agar senantiasa menjaga situasi yang kondusif. Keamanan dan ketertiban masyarakat harus tetap terjaga. Warga harus lebih bijak dalam menanggapi hal-hal terkait pemilu, terutama yang bisa berdampak pada kondusivitas masyarakat.
 
“Kita mengikuti saja proses tahapan pemilu ini, saksikan di tempat kita masing-masing. Apapun hasilnya itu insya Allah yang terbaik untuk bangsa ini,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper