Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com,BANDUNG – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Tingkat Provinsi Jawa Barat 2019 di halaman depan Gedung Sate, Senin (20/5/19).

Dengan tema ‘Bangkit untuk Bersatu’ dalam Harkitnas edisi ke-111 itu, Uu Ruzhanul mengatakan bahwa kunci untuk memajukan Indonesia adalah gotong royong. Dalam konteks Jawa Barat, gotong royong atau persatuan adalah salah satu kunci mewujudkan Jawa Barat Juara Lahir Batin.

“Persatuan, gotong royong kunci kekuatan majunya Republik Indonesia yang kita cintai ini. Termasuk juga Jawa Barat, kuncinya menuju akselerasi Jabar Juara Lahir Batin, kolaboratif, inovatif, kuncinya adalah persatuan dan kesatuan,” ucapnya.

Menurut Uu Ruzhanul, tidak akan ada sebuah kekuatan tanpa adanya persatuan, tidak ada persatuan tanpa adanya kepemimpinan, dan tidak ada kepemimpinan tanpa adanya ketaatan. Maka itu, dia menyebut bahwa persatuan adalah ketaatan kepada pemimpin.

“Oleh karena itu, kepada seluruh ASN yang hadir dan masyarakat hari ini, mari kita hormati pimpinan, mari kita hargai pimpinan,” katanya.

Lebih lanjut, Uu Ruzhanul menyatakan bahwa gotong royong mengandung makna kebersamaan. Namun, lanjut dia, nilai-nilai gotong royong yang merupakan ciri khas bangsa mulai memudar. Salah satu indikatornya adalah kehidupan masyarakat yang individualistik.

“Gotong royong merupakan ciri khas dan karakter bangsa Indonesia. Di mana gotong royong saat ini sudah agak memudar dengan kehidupan egois, masing-masing. Kami khawatir kalau hidup kita sudah masing-masing, itu berbahaya,” ucapnya.

“Maka saya minta untuk menuju Jabar Juara Lahir Batin, gotong royong merupakan kunci utama untuk membuat sebuah kekuatan. Apalagi, tidak semua harus pakai uang. Kalau semua harus pakai uang, akan berat APBD kita,” lanjutnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper