Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com, BANDUNG — Wali Kota Bandung, Oded M Danial meminta warga yang tinggal di pinggir sungai untuk lebih berhati-hati dan waspada. Pasalnya, bahaya longsor bisa terjadi kapan saja.

Oded mengungkapkan itu saat meninjau lokasi longsor di Hegarmanah RT 05 RW 08, Kecamatan Cidadap Kota Bandung, Minggu (19/5).

Menurutnya, longsor yang terjadi pada Sabtu (18/5), menjadi sebuah peringatan bagi warga Bandung untuk lebih hati-hati jika memiliki atau akan membangun rumah di tepi sungai.

"Ini jadi sebuah peringatan bagi masyarakat yang tinggal di pinggir sungai untuk lebih hati hati," katanya.

Ia menegaskan, bagi masyarakat atau pun pengembangan yang membangun di pinggir sungai untuk mengikuti aturan yang berlaku.

"Sesuai aturan, tidak boleh mendirikan bangunan di pinggir sungai. Ada jarak setiap tepinya sekitar 6 meter. Ini menjadi pelajaran sehingga tidak terjadi musibah seperti ini," pesannya.

Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung pun terus berkoordinasi dengan aparat kewilayahan untuk menjauhkan sementara warga dari lokasi longsor di RT 05 RW 08 Kelurahan Hegarmanah, Kecamatan Cidadap.

Meskipun setelah insiden longsor tidak ada pergerakan tanah lagi di titik tersebut, namun Diskar PB mengimbau masyarakat tetap mewaspadai adanya potensi longsor susulan.

“Kami berkoordinasi dengan aparat kewilayahan agar mengevakuasi warga yang berada di pinggir tebing. Khawatir terjadi longsor susulan. Dan saya bersyukur pada saat ini tidak ada hujan.” Kata Kepala Diskar PB, Dadang Iriana, Minggu (19/5).

Selain berkomunikasi dengan aparat kewilayahan setempat, Dadang juga sudah berkoordinasi bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya untuk membantu secara maksimal di lokasi longsor. Termasuk membantu warga yang terdampak.

“Kami berkoordinasi dengan OPD terkait untuk membantu warga yang terkena musibah,” ujarnya.

Di antaranya, sambung Dadang, berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) untuk segera menangani tebing yang logsor.

Dadang juga turut berbelasungkawa atas musibah longsor di RT 05 RW 08 Kelurahan Hegarmanah, Kecamatan Cidadap, yang menewaskan satu korban jiwa.

“Kami juga menyampaikan turut berduka cita dan bela sungkawa atas meninggalnya salah satu warga.” Katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper