Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Tips Memilih Kurma Untuk Berbuka Puasa

Buah kurma menjadi salah satu makanan andalan untuk berbuka puasa karena banyak manfaatnya bagi kesehatan. Namun, untuk mendapatkan khasiat buah asal Timur Tengah itu harus diawali dengan memilih kurma yang baik.
Penjual kurma musiman menata dagangannya di Kawasan Pasar Bina Usaha Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Selasa (7/5/2019). ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas
Penjual kurma musiman menata dagangannya di Kawasan Pasar Bina Usaha Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Selasa (7/5/2019). ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

 

Bisnis.com, BANDUNG—Buah kurma menjadi salah satu makanan andalan untuk berbuka puasa karena banyak manfaatnya bagi kesehatan. Namun, untuk mendapatkan khasiat buah asal Timur Tengah itu harus diawali dengan memilih kurma yang baik.

Guru Besar Keamanan Pangan dan Gizi, Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) IPB University Prof Ahmad Sulaeman mengatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli buah kurma.

"Hampir semua jenis buah kurma memiliki khasiat, apa saja jenisnya, khasiatnya hampir-hampir mirip, yang terpenting itu kesegarannya," kata Ahmad seperti diberitakan Antara, Rabu (8/5/2019).

Ia mengatakan saat membeli kurma pastikan kurma yang dibeli dalam kondisi segar dan masih baru. Jangan membeli kurma yang sudah lama tersimpan.

Menurut dia, beberapa pedagang ada yang biasa menyetok kurma dan disimpan dalam waktu lama, guna memanfaatkan harga beli yang rendah kemudian menjual pada momen tertentu saat harganya tinggi.

Kualitas kurma akan rusak apabila penyimpanan tidak memperhatikan faktor kebersihan lingkungan. Kurma yang disimpan dalam kamar tanpa pengemasan yang baik dapat menyebabkan kurma berkutu.

"Pengemasan dan penyimpanan penting. Pastikan kurmanya tidak ada kutu," katanya.

Ahmad mengatakan bahwa kurma yang bagus memiliki sejumlah tanda, yakni kurma terlihat mengkilap, tidak terlalu kering, terlihat semi basah dengan kadar air sekitar 21 persen.

Ia menjelaskan, kurma yang bagus atau baru ada cairannya, menyerupai dodol, kelihatan basahnya, kalau dibuka strukturnya elastis, lembut digigit juga enak.

Kurma yang bagus juga mengeluarkan aroma yang khas. Kurma yang baru akan tercium aroma segarnya, tidak bercampur dengan aroma lain atau aroma sudah lama tersimpan.

Menurut Ahmad, kandungan gula dalam kurma yang tinggi membuat kurma mudah ditempeli debu dan pasir, sehingga perlu diperhatikan tempat penyimpanannya agar tidak ada kotoran yang menempel.

Ia mengajurkan agar membeli kurma yang dalam kemasan, tetapi harus diperhatikan tanggal kadaluarsa, jangan membeli stok lama. "Beli kurma yang segar-segar," katanya.

Agar kurma yang dibeli tetap bagus kualitasnya perlu memperhatikan suhu kamar penyimpanan. Lama waktu penyimpanan yang baik dengan suhu kamar hanya sebulan.

Kurma yang disimpan di dalam ruang bersuhu sejuk harus dibungkus dalam plastik berklip, atau dalam kontainer plastik yang kedap udara.

Penyimpanan lebih lama dapat dilakukan dalam kontainer plastik yang diletakkan dalam kulkas atau dalam frezer di bagian paling bawah. Masa penyimpanan ini bisa bertahan selama tiga bulan.

"Kurma yang disimpan dalam frezer, sebelum dikonsumsi didiamkan dulu selama tiga jam, baru bisa dimakan," kata Ahmad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper