Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com,BANDUNG—Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan dari hasil analisa pemakaian e-Toll masih tetap menimbulkan antrean panjang di jalan tol.

Ke depan, pihaknya meminta pemerintah memikirkan kemungkinan pembayaran tol bisa dilakukan dengan skema pascabayar.

Penerapan ini menurutnya harus dilakukan di semua gerbang tol yang berpotensi menimbulkan perlambatan arus kendaraan pemudik. “Apakah ada cara nggak usah bayar selama mudik? Bayarnya nanti mungkin pascabayar oleh sebuah cara, sehingga tidak ada antrean,” paparnya, Selasa (7/5/2019).

Pihaknya juga mengaku mengantisipasi sejumlah persoalan selain antrean di gerbang tol. Pertama, kondisi tol Cipali yang secara statistik paling sering terjadi kecelakaan karena jalannya lurus namun permukaannya bergelombang.

“Kita juga analisa rest area tidak mencukupi, kita sedang atur ada rest area tambahan,” tuturnya.

Menurutnya urusan penambahan rest area juga penting karena belajar dari penanganan mudik tahun sebelumnya, kemacetan terjadi karena antrean pemudik memasuki rest area. “Ini karena pertumbuhan kendaraan 12% per tahun pertumbuhan jalan kurang dari satu persen. Jadi, kalau semua mobil itu mudik [macet],” tuturnya.

Pihaknya menganalisa aktivitas mudik di Jabar tahun ini akan lebih lancar. Hal ini karena Tol Trans - Jawa Utara sudah beroperasi penuh. Sehingga diperkirakan kendaraan akan lebih terdistribusi dan arus menjadi lebih lancar.

"Yang jadi perhatian kita adalah di wilayah Priangan timur. Mulai dari jalur Nagreg, Kabupaten Bandung, hingga Jalur Gentong, dan beberapa titik langganan macet, “ paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler