Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Angka Partisipasi Pemilu Warga Bandung Dipastikan Capai 85%

Yana Mulyana
Yana Mulyana

Bisnis.com, BANDUNG — Angka partisipasi warga Kota Bandung pada Pemilu 2019 mencapai 85-86 persen. Angka tersebut meningkat signifikan dibandingkan Pemilu sebelumnya yang mencapai sebesar 76 persen. Hal tersebut dipastikan dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perolehan Perhitungan Suara Pemilu Serentak Tahun 2019 Tingkat Kota, di Kota Bandung, Kamis (2/5).

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan peningkatan angka partisipasi ini menunjukan warga Kota Bandung semakin dewasa dalam berpolitik.

“Kedewasaan warga mengikuti Pemilu 2019 merupakan faktor utama meningkatnya angka partisipasi Pemilu di Kota Bandung,” ujar Yana.

Tak hanya meningkatkan angka partisipasi, kedewasaan berpolitik warga juga telah membuat Kota Bandung tetap kondusif selama proses pelaksanaan Pemilu. Mulai dari tahapan kampanye, pencoblosan, hingga perhitungan suara, Kota Bandung sangat kondusif.

“Saya sangat berterima kasih pada seluruh warga Kota Bandung serta para petugas dan jajaran keamanan yang juga tanpa kenal lelah menjaga Kota Bandung kondusif. Alhamdulillah Pemilu 2019 lancar,” tutur Yana.

Pada rapat pleno yang akan berlangsung hingga 5 Mei ini, Yana juga berharap bisa berjalan lancar dan damai.

"Saya Berharap para perwakilan partai dan warga yang hadir bisa menerima hasil dari perhitungan rekapitulasi KPU [Komisi Pemilihan Umum]. Apabila ada perbedaan, saya berharap diselesaikan secara musyawarat mufakat dan dengan kepala dingin. Terpenting ialah semangat persaudaraan serta Kota Bandung kondusif,” harap Yana.

Sementara itu, Yana juga menyatakan kembali ungkapan bela sungkawanya atas meninggalnya beberapa petugas penyelenggara Pemilu saat bertugas.

“Saya mengucapkan bela sungkawa atas pahlawan demokrasi yang gugur dalam memperjuangkan Pemilu tahun ini. Bagi yang sakit saya mendoakan supaya lekas sembuh, " jelas Yana

Sementara itu, Ketua KPU Kota Bandung, Suharti berterima kasih kepada Pemkot bandung yang telah mendukung pelaksanaan Pemilu 2019. Ia juga berterima kasih kepada seluruh elemen Kota Bandung yang telah membuat proses Pemilu berjalan kondusif.

"Terima Kasih atas perhatian dan dukungan semua pihak hingga pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 bisa berlangsung damai dan kondusif," ujarnya.

Suharti berharap, situasi ini terus berlanjut hingga rapat pleno selesai.

"Harapannya sampai 5 Mei 2019 sudah bisa selesai dengan lancar,” tutur Suharti. (K34)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper