Telan Dana Rp300 Miliar, Curug Jompong Ditargetkan Selesai Tahun Ini

Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 14 April 2019  |  15:15 WIB

Bisnis.com,BANDUNG--Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan pengerjaan Curug Jompong yang akan memecah banjir di kawasan Bandung Selatan terus dikebut untuk dituntaskan.

Ridwan Kamil mengatakan Curug Jompong ditargetkan bisa tuntas pada September mendatang, namun jika menilik kondisi di lapangan target tersebut bisa saja meleset. "Harusnya September selesai, saya nggak bisa sebut persentasenya," katanya di Bandung, Minggu (14/4/2019).

Menurutnya Curug Jompong merupakan upaya pemerintah mengurangi debit air dengan cara rekayasa enggineering. Menurutnya salah satu penyebab luapan Citarum terjadi karena air mengalir terlalu tajam dari hulu namun tertahan batuan besar.

"Dulu batunya mau disingkirkan tapi kan situs bersejarah, jadi keputusan ilmiahnya ketimbang menggeser batu kita bablas," ujarnya. 

Proyek fisik yang dikerjakan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum ini menurunya menelan dana sekitar Rp300 miliar. "Jadi kalau disebut tak ada upaya, [Curug Jompong] ini upaya mahal yang sedang dikerjakan," ujarnya.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bandung raya

Editor : Ajijah

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top