Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Geopark Ciletuh
Geopark Ciletuh

Bisnis.com,BANDUNG--Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan membentuk unit atau lembaga khusus yang menangani Geopark Ciletuh, Sukabumi.

Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan pembentukan unit ini merupakan hasil kerjasama Pemprov dengan Sister Province Shizouka, Jepang yang juga memiliki Geopark Izupeninsula.

"Hasil kunjungan ke Jepang beberapa waktu lalu saya mendapatkan pemahaman Izupeninsula geopark selangkah lebih maju meski penetapannya hampir bersamaan dengan Ciletuh," katanya di Bandung,Rabu (10/4/2019).

Geopark tersebut menurutnya dari sisi kelembagaan juga maju mengingat bersifat regional yang mencakup 15 kabupaten/kota yang ada di prepecture Shizouka. "Kita benchmark karena dari sisi kelembagaan sangat lengkap," ujarnya.

Menurutnya geopark di sana dipimping langsung oleh gubernur sebagai steering comittee, kemudian ada biro yang mengoperasionalkan. Kemudian dari sisi pendanaan ada dana Pusat, provinsi dan daerah yang dikelola oleh biro.

"Sehingga menjadi multi pendanaan, kita baru bersifat adhoc karena sekretariat di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Ada perbedaan dengan Ciletuh yang satu kabupaten," tuturnya.

Rencananya perumusan unit khusus akan menunggu kelembagaan ad hoc Geopark yang ada saat ini akan berakhir pada 1 Mei mendatang. Pihaknya mengaku sudah menugaskan Biro Perekonomian, Disparbud dan Biro Hukum untuk menindaklanjuti rekomendasi dari Shizouka terkait hal ini.

"Cari format organisasi yang permanen kita akan komunikasikan dengan Pak Gubernur, kita siapkan langkah-langkah. Kita juga penganggaran di dinas ada kesinambungan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper