Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ilustrasi/beautyhealthtips
Ilustrasi/beautyhealthtips

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagian kaum hawa merasa terganggu dengan kondisi kulit ketiak mereka yang gelap dan mencoba beragam cara untuk membuatnya lebih cerah.

Ada yang menjalani perawatan di klinik-klinik kecantikan dan ada juga yang memilih melakukan perawatan sendiri menggunakan bahan-bahan alami untuk mencerahkannya.

Bagi Anda yang ingin mengatasi ketiak gelap dengan cara natural, berikut ini lima bahan yang dapat digunakan, seperti dilansir Medical Daily.

Kunyit
Kunyit mengandung senyawa curcumin yang bermanfaat mengatasi hiperpigmentasi dan mengatur produksi melanin.

Menurut Alivebynature, curcumin memiliki efek pada hormon adrenokortikotropik (ACTH) yang disekresi oleh kelenjar hipofisis. Senyawa ini pada dasarnya membatasi sekresi sehingga stimulasi produksi melanin berkurang, dan ini menyebabkan kulit lebih terang.

Cara membuat ramuan kunyit untuk ketiak Anda yakni masukkan 5-6 sendok makan susu dingin ke dalam mangkuk yang sudah diisi 1 sendok teh kunyit. Aduk rata.

Kemudian rendam bola kapas dalam larutan dan oleskan ke ketiak Anda. Biarkan semalaman dan bersihkan besok.

Lakukan ini secara teratur dan Anda akan melihat hasilnya hanya dalam seminggu.

Tomat dan gula
Kombinasi ini bisa membuat keajaiban bagi ketiak yang gelap. Selain memiliki sifat anti-inflamasi, tomat juga memiliki sifat mencerahkan kulit dan mampu mendetoksifikasi kulit.

Gula, di sisi lain, bisa membantu pengelupasan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati. Bukan rahasia lagi gula menjadi scrub alami yang efektif membersihkan kulit dan membuatnya lebih halus.

Untuk membuat scrub ketiak, potong tomat menjadi irisan tipis, lalu masukkan irisan ke dalam mangkuk gula. Usap lembut campuran gula dan tomat pada ketiak. Diamkan beberapa menit, kemudian bilas.

Kentang
Kentang memiliki sifat asam ringan yang dapat ditoleransi ketiak. Tanaman umbi ini adalah alternatif pemutihan yang bagus.

Anda perlu mengiris tipis kentang setelah dicuci. Ambil satu potong irisan lalu pijat ketiak Anda dengannya. Gunakan irisan kentang secukupnya dan bilas setelah beberapa menit.

Timun
Buah ini mengandung enzim, garam alami dan vitamin yang mendorong pertumbuhan dan perbaikan sel. Timun juga merupakan sumber antioksidan yang baik dan pelemas otot dan saraf yang baik.

Timun bisa bermanfaat mengatasi ketiak yang gelap. Seperti dilansir Healthline, menggosok irisan mentimun di area gelap ketiak Anda akan membuahkan hasil. Setelah 10 menit, Anda dapat membilas ketiak dengan air dingin. Lakukan secara teratur untuk melihat hasil yang sangat baik.

Minyak kelapa
Minyak kelapa telah terbukti sangat bermanfaat dalam banyak hal dan salah satunya berfungsi sebagai obat alami untuk mencerahkan kulit. Minyak ini memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi dan pelembab.

Menurut DIY Remedies, minyak kelapa dapat mencegah akumulasi mikroba jahat pada kulit, mendetoksifikasi pori-pori kulit, serta menghilangkan masalah kulit yang menyebabkan penggelapan.

Kandungan Vitamin E dan asam lemak jenuh dalam minyak kelapa juga menyehatkan kulit, sehingga bisa dengan mudah menyembuhkan bekas luka dan tanda gelap.

Anda hanya membutuhkan beberapa tetes minyak kelapa untuk memijat ketiak Anda. Lakukan selama beberapa menit, cuci ketiak menggunakan air hangat dan sabun ringan setelah 15 menit. Lakukan ini dua hingga tiga kali sehari untuk hasil yang lebih cepat terlihat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ajijah
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper