Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) memperkenalkan pembaruan aplikasi digital untuk tenaga pemasar asuransi jiwa dan kesehatan. Apliasi bernama  Allianz Discover ini memungkinkan nasabah secara interaktif menentukan perlindungan sesuai kebutuhan.

Aplikasi penjualan digital ini telah mengalami pengembangan sejak pertama kali diluncurkan pada Januari 2015, sehingga tidak hanya berfungsi sebagai aplikasi untuk mengajukan surat permohonan asuransi jiwa secara online, tetapi juga customer journey.

Joos Louwerier, Country Manager & Direktur Utama Allianz Life Indonesia mengatakan, ada dua permasalahan umum yang dihadapi oleh nasabah asuransi. Pertama minimnya pengetahuan produk, dan kedua kebutuhan atau solusi yang dibutuhkan.

Dengan menggunakan Allianz Discover, kata dia, baik tenaga pemasar dan nasabah bisa memanfaatkan berbagai fitur yang ada di dalamnya untuk membantu menentukan jenis perlindungan apa yang paling sesuai.

"Allianz Discover menyediakan informasi kebutuhan finansial dan risiko, sehingga tenaga pemasar dapat mengajak nasabah untuk menentukan perlindungan asuransi sesuai yang dibutuhkan," kata dia, Rabu (13/2/2019).

Joos menambahkan, pihaknya berupaya untuk menyederhanakan proses penjualan dan membuat asuransi sehingga mudah dipahami bagi nasabah. Termasuk di dalamnya penjelasan dan ilustrasi secara transparan mengenai risiko dan kebutuhan perlindungan asuransi.  

Berdasarkan riset Accenture mengenai “Segmentasi Nasabah di Pasar Penting Asia” bahwa dalam membeli produk asuransi, calon konsumen yang termasuk di dalam segmen milenial, kelas menengah dan usia di atas 50 tahun melakukan riset produk, baik secara online dan offline.

Sebanyak 46%-57% calon konsumen memilih untuk membeli produk asuransi jiwa dan kesehatan secara offline. Artinya, nasabah masih memilih untuk mendapatkan penjelasan secara langsung dari tenaga penjual.

Berangkat dari hasil riset inilah Allianz Discover lahir dan diharapkan akan memberi kemudahan bagi nasabah, dimana aplikasi ini merupakan gabungan dari solusi digital dan interaksi langsung antara tenaga pemasar dan nasabah, untuk memahami dan menentukan sendiri jenis perlindungan asuransi sesuai kebutuhan sebelum membeli produk.

Pengembangan aplikasi penjualan digital Allianz Discover ini selaras dengan strategi transformasi digital yang dilakukan perusahaan di ranah pelayanan, terutama pada titik pertemuan antara nasabah dan tenaga pemasar.

"Allianz menyadari di era digital ini, kebutuhan nasabah semakin dinamis dan serba cepat. Nasabah membutuhkan informasi perlindungan asuransi sebanyak dan secepat mungkin," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief
Editor : Tegar Arief
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler