Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Saudi Aramco Bakal Kuasai Hyundai Oilbank

Tegar Arief
Tegar Arief - Bisnis.com 28 Januari 2019  |  12:47 WIB
Ilustrasi pengeboran minyak - Reuters - Ernest Scheyder
Ilustrasi pengeboran minyak - Reuters - Ernest Scheyder

Bisnis.com, SEOUL - Perusahaan minyak pelat merah asal Arab Saudi, Saudi Aramco akan memperbesar investasinya di Korea Selatan melalui Hyundai Oilbank.

Perusahaan tersebut berencana untuk berinvestasi hingga US$1,6 miliar guna menambah porsi kepemilikan saham sebesar 20% di Hyundai Oilbank.

Dikutip dari Reuters, Senin (28/1/2019), Saudi Aramco dikabarkan akan membeli 19,9% saham Hyundai Oilbank dari Hyundai Heavy Industries Holdings.

Sejauh ini, Saudi Aramco telah menjadi pemegang saham mayoritas di kilang terbesar ketiga di Korea Selatan itu dengan 63,41% saham.

Hingga saat ini, Arab Saudi merupakan pemasok minyak mentah utama di Korea. Pada 2018, Korea mengimpor 323,17 juta barel minyak mentah atau setara dengan 885.408 barel per hari.

Kepala Eksekutif Saudi Aramco mengatakan, pihaknya memang berusaha untuk memperluas pangsa pasarnya di Asia termasuk China, India, Malaysia, dan Indonesia.

Sementara itu, Hyundai Oilbank memiliki total kapasitas penyulingan sebanyak 650.000 barel per hari di Kota Daesan. Perseroan juga berencana untuik mengembangkan bisnis petrokimia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis global
Editor : Tegar Arief

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top