Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AS Lanjutkan Ekstradisi CFO Huawei

Tegar Arief
Tegar Arief - Bisnis.com 23 Januari 2019  |  17:07 WIB

Bisnis.com, WASHINGTON - Departemen Kehakiman AS akan terus mengupayakan ekstradisi pejabat keuangan Huawei Technologies Meng Wanzhou dari Kanada.

Pernyataan tersebut ditegaskan setelah pejabat Kanada mengatakan kepada publik bahwa Negeri Paman Sam akan melanjutkan proses ekstradisi.

"Kami sangat menghargai Kanada yang terus mendukung upaya bersama kami untuk menegakkan aturan hukum," kata juru bicara Departemen Kehakiman Marc Raimondi dikutip dari Reuters, Rabu (23/1/2019).

Kata dia, AS akan terus mengejar ekstradisi Meng Wanzhou dan akan memenuhi semua tenggat waktu yang ditetapkan dalam perjanjian ekstradisi antara negara tersebut dengan Kanada.

AS harus mengajukan permintaan resmi untuk ekstradisi sebelum 30 Januari. Setelah diterima, pengadilan Kanada memiliki waktu 30 hari untuk menentukan apakah ada cukup bukti pendukung dan menteri kehakiman Kanada harus mengeluarkan perintah formal.

Huawei, produsen peralatan telekomunikasi terbesar di dunia, menghadapi tuduhan AS bahwa perangkatnya menghadirkan risiko keamanan nasional. Namun Huawei mengatakan kekhawatiran semacam itu tidak berdasar.

Dalam sebuah editorial pada hari Rabu, surat kabar China Daily yang dikelola pemerintah mengatakan Kanada membantu Amerika Serikat mencoba membatasi kemajuan teknologi China.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis global

Sumber : Reuters

Editor : Tegar Arief

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top