Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pameran Kain Nusantara 2018 Digelar di Museum Sri Baduga

Novianti
Novianti - Bisnis.com 08 Oktober 2018  |  14:05 WIB
Pameran Kain Nusantara 2018 Digelar di Museum Sri Baduga
Pameran Kain Nusantara 2018 Digelar di Museum Sri Baduga - Bisnis/Novi
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG – UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah dan Dinas Pariwisata & Kebudayaan Provinsi Jawa Barat menggelar Pameran Kain Nusantara di Museum Sribaduga mulai tanggal 9-23 Oktober 2018.

Kepala Seksi Cagar Budaya dan Permuseuman UPTD Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat Eddy Sunarto mengatakan gelaran yang mengambil tema ‘Balut Ragam Adiwastra Nusantara’ ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang wilayah penyebaran wastra atau kain di kawasan nusantara, melestarikan budaya Indonesia dan merangsang lahirnya ide-ide, kreativitas dan inovasi bagi pengrajin maupun masyarakat umum.

“Pameran ini juga digelar dalam rangka merayakan Hari Batik Nasional tanggal 2 Oktober lalu dan menyambut Hari Museum Indonesia tanggal 12 Oktober mendatang,” ujar Eddy, pada Senin (8/10/2018).

Eddy menambahkan pameran ini juga diharapkan bisa meningkatkan angka kunjungan masyarakat umum ke Museum Sribaduga. Presentase pengunjung museum ini setiap bulannya diantaranya 50% siswa SD dan SMP, 30% siswa SMA dan mahasiswa serta 20% masyarakat umum.

Lebih lanjut, penyelenggaraan pameran kain tradisional nusantara ini membidik target sebanyak 7.500 pengunjung.

Nantinya, pengunjung bisa melihat 130 koleksi kain batik nusantara yang dipamerkan. Selain itu, pengunjung juga bisa mengikuti seminar nasional kain nusantara, workshop membatik, workshop konveksi kain dan workshop mewarnai motif kain batik untuk pelajar.

“Adanya pameran ini diharapkan masyarakat umum mengenal museum bukan saja sebagai tempat penyimpanan, konservasi, penelitian dan rekreasi, tapi juga mengenal museum sebagai tempat sumber inspirasi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bandung raya
Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top