Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kontribusi JNE Dongrak Ekonomi Kreatif Bandung

PT Tiki JNE berkomitmen melakukan pengembangan dan inovasi agar dapat terus memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada para pelanggan.
jibiphoto
jibiphoto

Bisnis.com, BANDUNG—PT Tiki JNE berkomitmen melakukan pengembangan dan inovasi agar dapat terus memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada para pelanggan.

Pengembangan dan inovasi tersebut diimplementasikan di berbagai bidang, seperti informasi & teknologi, sumber daya manusia, dan infrastruktur. Di samping itu JNE pun giat menjalin kerjasama strategis, dalam rangka mendukung kemajuan UKM di Indonesia.

Salah satu wujud kerjasama strategis tersebut adalah dengan melakukan kolaborasi dengan PT Prakasa Trada Solusi (PTS).

JNE dan PTS memiliki kesamaan tujuan yaitu untuk menciptakan peluang dan memberikan kemudahan kepada para UMKM dalam melakukan proses jual – beli secara online dengan meluncurkan layanan Friendly Logistics.

Ini merupakan solusi atau end to end solutions untuk para UMKM lokal seperti digital marketing, warehousing, order fulfilment, technology develompment, shipping management dan delivery, tentunya dengan biaya yang terjangkau.

Kerja sama ini secara resmi diluncurkan pada 27 Februari 2018 oleh Presiden Direktur JNE M. Feriadi dan CEO PTS Dipta Imanto, bertempat di Spasial Jl. Gudang Selatan No. 22, Merdeka, Sumur Bandung, Jawa Barat 40113.

Eri Palgunadi, VP of Marketing JNE, Dipta Imanto selaku CEO PTS serta Yukka Herlanda selaku salah satu pengguna jasa PTS dan juga pemilik brand lokal ternama Brodo, membahas tantangan bagi para pelaku industri kreatif pada era digital serta solusi yang ditawarkan oleh layanan Friendly Logistics.

Pada awalnya, PTS melihat potensi dan kebutuhan distribusi usaha digital UMKM di Indonesia sangat tinggi.

Para pelaku industri kreatif disibukan dengan proses warehousing serta packaging karena besarnya kebutuhan tersebut, sehingga berpotensi menurunkan konsentrasi terhadap pengembangan design dan penjualan.

Oleh karena itu PTS hadir sebagai jasa pengelolaan supply chain yang menyediakan pengaturan terkait pengadaan, penyimpanan dan pengiriman barang baku maupun barang jadi.

CEO PTS Dipta Imanto mengatakan PTS menyediakan layanan one stop solutions untuk mengoptimalisasi proses supply chain suatu brand.

“Kita percaya bahwa brand Indonesia dapat menjadi punggawa di Negeri sendiri, dan dengan adanya friendly logistics kami bisa menggabungkan brand – brand lokal menjadi satu kesatuan serta turut memajukan UMKM di Indonesia,” katanya.

VP of Marketing JNE Eri Palgunadi mengatakan JNE memiliki kapabilitas dalam bidang jasa kiriman dengan didukung lebih dari 40 ribu karyawan, 7000 armada, serta 6000 titik layanan di seluruh Indonesia.

JNE menjadi official partner PTS yang menyediakan infrastruktur logistics untuk kebutuhan pengiriman last mile delivery, termasuk kiriman international.

Berdasarkan data dari Kemenkop hanya sekitar 8% para UMKM dapat memanfaatkan platform online dari jumlah keseluruhan yang mencapai 59,2 Juta UKM di Indonesia.

Sehingga salah satu fokus startegi perusahaan di tahun ini untuk dapat menciptakan layanan fulfillment center bagi UMKM.

Dengan kehadiran layanan ini, UMKM dapat fokus pada produksi dan sales sementara problem logistik akan di tangani oleh layanan friendly logistic. Layanan ini akan menjadi solusi yang kompatibel bagi pelaku industri kreatif atau UMKM, karena menawarkan manfaat, seperti pengelolaan warehousing yang dilakukan secara profesional dan terintegrasi dengan layanan last mile delivery, serta update inventory mau pun shipment status secara berkala, sehingga dapat menghemat waktu dan biaya”, tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Novianti
Editor : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper