Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

10 Manfaat Buah Pir, Salah Satunya untuk Kesehatan Jantung

Ilustrasi buah pir/Boldsky
Ilustrasi buah pir/Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG - Buah pir adalah buah yang rasanya manis, segar, dan berair di bagian dalamnya. Buah ini sangat populer lantaran memiliki kualitas nutrisi yang dimilikinya. Selain itu, buah pir ternyata mempunyai banyak manfaat kesehatan.

Buah pir memberikan manfaat kesehatan yang tak terhitung banyaknya. Buah ini memiliki kemampuan kuat untuk melawan penyakit kronis dengan mensuplai antioksidan ke tubuh. Kandungan serat tinggi dalam pir juga dapat menurunkan kolesterol.

Buah ini mengandung fitonutrien yang merupakan anti-kanker polifenol, flavonoid anti penuaan dan flavonoid anti-inflamasi yang mengurangi sembelit, kolesterol tinggi, diabetes dan batu ginjal.

Pir juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, yang meliputi tembaga, magnesium, mangan, vitamin B kompleks, potassium, vitamin C dan vitamin K.

Untuk lebih jelas, berikut 10 manfaat buah pir untuk kesehatan seperti dilansir Boldsky:

1. Tinggi serat
Pir kaya akan serat dan 25-30 gram setiap hari. Serat memiliki nol kalori yang dapat dicerna dan mempertahankan kadar gula darah. Serat dapat mendetoksifikasi sistem, mengatur kolesterol dan meningkatkan kesehatan usus.

2. Memperbaiki pencernaan
Pir dapat mengurangi sembelit atau diare. Pir menyediakan 18 persen kebutuhan serat harian, yang membantu dalam proses pencernaan. Pir juga mengikat agen penyebab kanker dan radikal bebas di usus besar dan melindungi organ dari efek yang merusak.

3. Pertahankan berat badan
Pir adalah salah satu buah rendah kalori dan mengandung gula alami. Pir mengandung 100 kalori, yang cukup membuat seseorang menurunkan berat badan.

4. Meningkatkan sistem kekebalan
Pir mengandung vitamin C, antioksidan kuat yang melawan kerusakan radikal bebas dan mengurangi stres oksidatif. Vitamin C diperlukan untuk melindungi DNA, menjaga metabolisme, memperbaiki jaringan dan menghentikan mutasi sel. Pir juga memiliki efek anti-penuaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Meningkatkan kesehatan jantung
Pir memiliki kemampuan kuat untuk menurunkan laju penyakit jantung. Phytochemicals antioksidan dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, serangan jantung dan stroke.

6. Memerangi diabetes
Pir mengandung gula alami dalam bentuk fruktosa dan rendah indeks glikemik. Orang yang menderita diabetes bisa makan buah pir tanpa ada kekhawatiran. Pir memiliki kemampuan untuk meningkatkan sensitivitas insulin dalam mengobati dan mencegah diabetes.

7. Menjaga kesehatan tulang
Pir adalah sumber vitamin K yang sangat baik. Vitamin K bekerja dengan mineral lain seperti fosfor, magnesium dan kalsium yang mencegah kerusakan tulang dan mencegah osteoporosis.

8. Meningkatkan sirkulasi darah
Pir memiliki kandungan zat besi dan tembaga tinggi yang dapat mencegah anemia. Besi adalah mineral penting yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah. Tembaga membantu tubuh menyerap zat besi dan melepaskannya ke organ tubuh yang penting, sehingga mengatur aliran darah dan meningkatkan sirkulasi.

9. Mengurangi peradangan
Pir mengandung antioksidan dan flavonoid yang bisa mengurangi peradangan dalam tubuh. Efek anti-inflamasi menurunkan gejala artritis, asam urat, rheumatoid arthritis dan kondisi lainnya. Selanjutnya, antosianin yang ada dalam pir dapat membantu melawan peradangan.

10. Mempercepat proses penyembuhan
Pir mengandung vitamin C dan asam askorbat yang mensintesis jaringan baru, sehingga mempercepat proses penyembuhan. Tingginya tingkat asam askorbat pada pir dapat memperbaiki pembuluh darah yang rusak yang mengurangi ketegangan pada jantung.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Ajijah
Sumber : Boldsky
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper