Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ilustrasi/Boldsky
Ilustrasi/Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG - Batuk merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling umum, terutama batuk kering. Ini tidak menghasilkan sejenis lendir dan sebagian besar disebabkan oleh beberapa jenis virus atau infeksi.

Batuk sangat konstan mengganggu. Batuk kering menyebabkan perasaan geli di bagian belakang tenggorokan. Batuk kering juga bisa disebabkan oleh sinusitis, asma, pneumonia, tuberkulosis.

Gejala ini muncul bila meliputi sakit tenggorokan, kelelahan, mudah tersinggung, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Untuk membebaskan diri dari batuk kering konstan, Anda bisa mencoba beberapa perawatan batuk alami dengan menggunakan obat sederhana di rumah ini.

Berikut adalah 10 pengobatan yang efektif untuk mengatasi batuk kering secara mudah dan alami seperti dilansir Boldsky:

1. Kunyit dan Susu

Kunyit mengandung kurkumin yang memiliki sifat antivirus, antibakteri dan antiinflamasi yang kuat. Kunyit membantu dalam mengobati infeksi yang menyebabkan batuk kering.

Panaskan segelas susu dan tambahkan kunyit bubuk ke dalamnya. Tambahkan madu dan minum campuran ini sampai kondisi membaik.

2. Lada Hitam

Lada hitam bisa mbersihkan batuk kering. Campur ½ sendok teh lada hitam dengan yogurt dan konsumsilah saat setelah makan.

3. Jahe

Jahe mengandung khasiat antiinflamasi dan rasanya yang menyengat bisa membebaskan seseorang batuk kering. Kunyah jahe segar sepanjang hari untuk mengurangi batuk.

4. Lemon

Lemon memiliki khasiat yang bisa mengurangi peradangan dan juga memberi vitamin C yang membantu memerangi infeksi yang disebabkan oleh batuk kering.

Campurkan dua sendok makan jus lemon dan satu sendok makan madu. Minumlah campuran ini beberapa kali dalam sehari.

5. Sirup Madu

Madu mengandung senyawa yang memberi kelegaan sesaat akibat batuk kering. Campur 5 sendok makan madu dengan 2 sendok makan minyak kelapa dan 1 sendok makan jus lemon.

Panaskan campuran ini selama 2 menit dan konsumsilah sampai batuk mereda.

6. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung khasiat antiinflamasi, yang menjadikannya pilihan sempurna untuk batuk kering. Lidah buaya juga memiliki sifat analgesik yang menenangkan jaringan yang meradang di sepanjang lapisan tenggorokan.

Tambahkan madu ke segelas jus lidah buaya dan konsumsi minuman tersebut secara rutin.

7. Bawang Merah

Bawang merah adalah salah satu obat yang paling sederhana untuk menyembuhkan batuk kering. Bawang merah memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang kuat menghilangkan infeksi.

Kombinasikan ½ sendok teh perasan bawang dengan satu sendok teh madu. Sajikan campuran ini dua kali dalam sehari.

8. Uap Minyak Kayu Putih

Menghirup minyak kayu putih mengandung sifat antibakteri dan antiinflamasi yang dapat memberi kelegaan akibat batuk kering.
Tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ke semangkuk air mendidih. Tarik napas selama 15 menit.

9. Sup Hangat

Sup kaldu hangat menenangkan tenggorokan dan sangat berguna untuk menghilangkan batuk kering.

Sup ayam bisa menghilangkan gejala batuk. Buatlah sup ayam hangat dan tambahkan bawang merah, bawang putih, jahe, dan lada hitam.

10. Teh Rempah

Teh rempah adalah obat bisa memberi kelegaan akibat batuk kering. Bumbu jahe, kayu manis, dan cengkeh bisa menyembuhkan tenggorokan.

Tambahkan satu sendok teh bubuk jahe, sejumput kayu manis, dan beberapa cengkeh dalam air mendidih. Rebus dan biarkan selama 5 menit. Minumlah campuran ini setiap hari hingga batuk mereda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Ajijah
Sumber : Boldsky
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper