Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ilustrasi/Boldsky
Ilustrasi/Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG - Daging ayam adalah salah satu makanan populer di seluruh dunia. Makanan ini merupakan makanan yang berprotein tinggi sehingga menjadi makanan favorit.

Daging ayam dibagi menjadi beberapa bagian, termasuk bagian dada. Lalu tahukah Anda bila bagian tersebut memiliki manfaat yang tak terduga?

Dada ayam adalah bagian yang sangat cocok bagi siapa saja yang ingin diet sehat. Sebab, dada ayam tanpa kulit dan tanpa tulang memiliki kandungan protein yang tinggi.

Setengah dada ayam memberikan 142 kalori dan 3 gram lemak. Selain itu, dada ayam juga mengandung banyak vitamin esensial seperti vitamin E, vitamin B6, dan vitamin B12. Mineral juga terdapat dalam dada ayam seperti zat besi, kalsium, seng, dan potassium.

Dada ayam yang bisa dikonsumsi dengan cara dipanggang dan direbus. Dilansir Boldsky, berikut 10 manfaat di balik dada ayam yang tak terduga.

1. Tinggi Protein

Dada ayam tinggi protein. Kadar protein yang ditemukan pada 100 gram dada ayam adalah 18 gram. Maka protein bisa membangun otot yang kuat. Asupan protein yang dianjurkan setiap hari adalah minimal 1 gram, sehingga dada ayam akan memenuhi kebutuhan tersebut.

2. Sumber Mineral dan Vitamin

Dada ayam mengandung vitamin B yang berguna dalam mencegah masalah katarak dan berbagai kelainan kulit, meningkatkan kekebalan tubuh, mengatur pencernaan, mencegah gangguan jantung, dan kolesterol tinggi.

3. Stabilkan Berat Badan

Dada ayam sangat baik untuk menurunkan berat badan. Berat badan bisa stabil jika diet dengan makanan kaya protein berkualitas tinggi. Terlebih, dada ayam mengandung protein tinggi untuk membuat tetap kenyang.

4. Menjaga Tekanan Darah

Konsumsi dada ayam terbukti bermanfaat dalam mengatur tekanan darah. Orang yang menderita hipertensi bisa mengonsumsi dada ayam.

5. Mengurangi Risiko Kanker

Studi telah menunjukkan bahwa mengonsumsi dada ayam bisa mengurangi risiko kanker, terutama kanker usus besar. Mengonsumsi olahan ayam lebih sering dibandingkan dengan daging merah bisa menurunkan risiko kanker ke tingkat tertentu.

6. Mengurangi Kolesterol Tinggi

Kolesterol dan lemak jenuh yang ditemukan pada daging merah relatif tinggi dibandingkan dengan dada ayam. Makan dada ayam bisa mengurangi risiko kolesterol tinggi dan berbagai jenis penyakit jantung dan stroke.

7. Antidepresan Alami

Dada ayam mengandung akan asam amino yang dikenal sebagai triptofan, yang membuat tubuh rileks seketika. Makan dada ayam akan meningkatkan kadar serotonin otak dan dengan demikian memperbaiki mood serta menghilangkan stres.

8. Meningkatkan Metabolisme

Dada ayam mengandung vitamin B6 yang mendorong reaksi dan enzim metabolik. Mengonsumsi dada ayam akan menjaga kesehatan pembuluh darah.

9. Menguatkan Tulang

Kandungan protein yang tinggi pada dada ayam mengandung fosfor, sehingga menjaga tulang, gigi, dan sistem saraf pusat tetap kuat.

10. Membentuk Otot

Dada ayam mengandung protein tinggi yang membantu mengencangkan otot-otot tubuh dan menjadikan bentuk tubuh sesuai dengan yang diinginkan. Namun, pastikan untuk menyeimbangkannya dengan makro dan gizi mikro yang cukup dalam makanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Ajijah
Sumber : Boldsky
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper