Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ilustrasi/Boldsky
Ilustrasi/Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG - Banyak yang belum tahu apa sebenarnya cuka kelapa? Cuka kelapa mirip dengan hasil fermentasi lainnya seperti sari apel dan balsamic vinegars (cuka balsamic) dan digunakan di beberapa daerah seperti di India.

Pohon kelapa yang berakar dalam dan tumbuh di tanah yang penuh nutrisi, getahnya digunakan untuk membuat cuka sarat akan dengan vitamin B, asam amino, serat, enzim bermanfaat, probiotik, dll.

Cuka kelapa berwarna putih dengan rasa asam yang sangat kuat. Cuka kelapa memiliki khasiat antibakteri dan antimikroba yang bisa mengobati kondisi seperti jerawat atau sengatan matahari.

Cuka kelapa merupakan hasil difermentasi merupakan sumber alami probiotik, yang baik untuk kesehatan usus. Cuka kelapa adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat baik, termasuk potassium, vitamin C, asam askorbat, vitamin B2 atau riboflavin.

Untuk lebih jelas, mari kita lihat beberapa manfaat cuka kelapa seperti dilansir Boldsky:

1. Baik untuk penderita diabetes

Cuka kelapa merupakan sangat baik untuk penderita diabetes, karena sangat rendah pada indeks glisemik. Indeks glikemik mengkategorikan makanan yang mengandung karbohidrat dengan berapa banyak mereka menaikkan kadar gula darah di tubuh seseorang.

Mengonsumsi cuka kelapa juga terbukti menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Kaya mineral

Cuka kelapa kaya akan mineral penting. Getahnya mengandung kalium, besi, fosfor, magnesium, belerang, seng, mangan dan tembaga. Kalium diperlukan dalam menyeimbangkan elektrolit, sementara fosfor bekerja dengan kalsium untuk membangun tulang dan zat besi diperlukan untuk pembentukan sel darah merah.

3. Berisi asam amino

Kelapa mengandung semua dari 9 asam amino esensial yang merupakan blok protein. Fungsi asam amino meliputi pembentukan hemoglobin, yang membawa oksigen dan antibodi yang membantu sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

Asam amino juga berperan penting dalam memperbaiki jaringan.

4. Menurunkan berat badan

Bagi semua orang yang berencana menurunkan berat badan, cuka kelapa bisa dimanfaatkan. Ini karena mengandung nol kalori dan telah terbukti mengurangi nafsu makan, yang akan membuat Anda mengikuti ukuran porsi saat makan.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Cuka kelapa memiliki khasiat anti-jamur dan anti-bakteri yang membantu dalam melawan infeksi. Fermentasi cuka kelapa memberi probiotik dalam jumlah yang baik, yang akan membuat Anda tetap sehat dengan berbagai cara.

6. Membuat fokus dan meningkatkan mood

Asam amino dalam cuka kelapa membantu dalam mensintesis hormon, yang mengatur fungsi seperti mood dan penurunan berat badan.

Minum cuka kelapa sebelum makan dapat membantu meningkatkan mood Anda, membuat fokus dan relaksasi serta meningkatkan berat badan yang sehat.

7. Digunakan dalam memasak

Cuka kelapa bisa digunakan secara kreatif dalam berbagai cara saat memasak makanan. Ini memiliki rasa lebih ringan dibandingkan dengan cuka sari apel. Anda bisa menambahkan cuka kelapa ke dalam salad dressing, bumbu, saus dan sup untuk memberi makanan manis tambahan.

8. Mengatur gula darah

Dengan mengambil sedikit cuka kelapa sebelum Anda makan, dapat membantu insulin tubuh Anda mengeluarkan gula lebih efisien. Singkatnya, ini akan membantu mengatur gula darah Anda.

9. Meningkatkan energi

Cuka kelapa mengandung vitamin penting seperti vitamin B dan vitamin C.. Vitamin B merangsang metabolisme yang sehat dan meningkatkan kadar energi dalam tubuh.

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu menetralkan kerusakan sel yang dilakukan oleh radikal bebas.

10. Melancarkan proses pencernaan

Cuka kelapa memiliki beberapa enzim yang memiliki efek positif pada tubuh dengan menyeimbangkan fungsi kekebalan tubuh, mengurangi masalah perut dan menstimulasi proses pencernaan yang baik. Ini juga mengandung probiotik dan prebiotik yang menciptakan lingkungan yang sehat di perut.

11. Meremajakan kulit

Dengan bantuan cuka kelapa, kulit bisa diremajakan. Cuka kelapa membantu menyingkirkan kotoran dan membawa kembali cahaya alami kulit. Kondisi kulit kronis tertentu, jerawat, keriput, dll, bisa hilang dengan cuka kelapa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Ajijah
Sumber : Boldsky
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper