Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ilustrasi/Boldsky
Ilustrasi/Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG - Berenang adalah kegiatan rekreasi yang biasa dilakukan oleh semua kelompok usia. Berenang akan memberikan dampak yang baik untuk kesehatan.

Dilansir Boldsky, berenang adalah cara sempurna untuk menjaga kesehatan fisik dan mental Anda. Berenang juga bisa membuat Anda lebih bugar dan sehat.

Hal ini dianggap sebagai latihan yang baik karena Anda perlu menggerakkan seluruh tubuh melawan daya tahan air. Berenang membuat detak jantung Anda naik, membangun daya tahan, nada otot, membantu mempertahankan berat badan yang sehat dan memberikan latihan tubuh secara keseluruhan.

Latihan renang sangat mudah dan diketahui dapat mengurangi stres, dan meningkatkan fleksibilitas. Nah, berikut untuk mengetahui lebih lanjut tentang manfaat kesehatan dari berenang yang mungkin tidak Anda ketahui.

1. Memperkuat otot dan menguatkan daya tahan tubuh

Salah satu manfaat terbesar dari berenang adalah bekerja dengan seluruh tubuh Anda. Ada berbagai goresan yang digunakan saat berenang dan masing-masing berfokus pada kelompok otot yang berbeda. Ini membantu memperkuat otot dan membangun kekuatan dan daya tahan tubuh.

2. Bagus untuk Jantung

Berenang meningkatkan detak jantung Anda yang membantu menjaga paru-paru dan jantung tetap kuat. Peneliti mengatakan bahwa berenang bahkan bisa mengurangi risiko kematian dibandingkan orang yang tidak aktif.
Dengan demikian, berenang membantu menurunkan tekanan darah dan mengendalikan gula darah.

3. Membuat lebih cerdas

Berenang memperbaiki fungsi memori dan kemampuan berpikir. Ini membantu dalam mengurangi peradangan dan resistensi insulin di otak, yang mendorong pertumbuhan sel otak baru.

Berenang juga dikenal untuk meningkatkan mood, kecemasan dan stres, yang meningkatkan kemampuan otak untuk berpikir lebih efisien.

4. Baik untuk asma

Berenang sangat efektif untuk orang-orang yang menderita kondisi paru-paru kronis seperti asma. Orang yang menderita asma akan mendapatkan keuntungan dari latihan renang karena kelembaban dari air menggantikan kelembaban yang dikeluarkan saat bernapas dengan kuat.

5. Menurunkan berat badan

Jika ingin menurunkan berat badan lebih cepat, berenang bisa menjadi latihan terbaik untuk Anda. Sebuah studi mencatat bahwa satu jam berenang bisa membakar sekitar 715 kalori.

Menurut para periset di Indiana University, saat membandingkan perenang dengan non-perenang, mereka menemukan bahwa perenang memiliki pinggang dan pinggul yang lebih ramping.

6. Meredakan stres

Berenang memiliki efek penguat mood sendiri dan dapat memberi keajaiban bagi tingkat stres Anda. Jika latihan renang Anda berlangsung selama sekitar 30 menit, tubuh Anda akan merasa rileks dan bebas stres.

7. Memperbaiki kualitas tidur

Berenang memiliki kekuatan yang sangat besar untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Orang yang menderita insomnia akan tidur lebih nyenyak begitu mereka mulai berenang.

Jika Anda ingin memperbaiki tidur Anda, berenang adalah latihan yang sempurna untuk Anda.

8. Meningkatkan energi

Berenang meningkatkan tingkat energi Anda. Itu karena semua otot Anda bekerja saat Anda berenang dan ini mengisi energi tubuh. Menghabiskan setengah jam untuk berenang, Anda akan menjadi lebih aktif selama sisa hari itu.

9. Bagus untuk paru-paru

Saat Anda berenang, tubuh Anda beradaptasi untuk menggunakan oksigen lebih efisien. Tubuh belajar untuk mengambil lebih banyak udara segar dengan setiap napas dan mengeluarkan lebih banyak karbon dioksida.

Hal ini membuat paru-paru tetap sehat dan berakibat pada detak jantung yang lebih rendah, dan menurunkan tekanan darah.

10. Meningkatkan kolesterol

Berenang dapat mengurangi kolesterol LDL (jahat) dan meningkatkan kolesterol baik, berkat kekuatan aerobiknya. Ini membuat kadar kolesterol Anda tetap stabil dan membantu menjaga tubuh tetap sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Ajijah
Sumber : Boldsky
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper