Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ilustrasi/Boldsky
Ilustrasi/Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG - Tebu yang juga dikenal sebagai 'ganne ka ras' dalam bahasa Hindi, merupakan salah satu minuman yang paling sehat untuk dikonsumsi lantaran mengandung nutrisi penting seperti karbohidrat, protein dan mineral yang meliputi fosfor, kalsium, besi, seng dan potassium.

Minum sari tebu ketimbang minuman lain yang mengandung banyak gula akan lebih terasa manfaatnya. Alasannya, jus tebu adalah minuman alami tanpa tambahan gula. Rasa manis alami sudah cukup untuk membuat Anda tetap bertahan.

Gula yang diekstraksi dari jus tebu terdiri dari 15 kalori, jadi sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga berat badan mereka. Jus tebu juga terdiri dari sukrosa, fruktosa dan banyak varietas glukosa lainnya dengan total 13 gram serat makanan, yang penting untuk melakukan banyak fungsi tubuh.

Untuk lebih jelas terkait manfaat jus tebu, berikut 10 manfaat yang bisa diperoleh bila mengonsumsi jus tebu secara teratur seperti dilansir Boldsky:

1. Turunkan kolesterol

Minum jus tebu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Ini sebagai pemicu banyak jenis penyakit yang mematikan dalam jangka panjang. Karena itu, Anda bisa terlindung dari penyakit kardiovaskular yang membahayakan.

2. Tulang dan gigi kuat

Mengunyah tebu membuat gusi jauh lebih kuat. Hal ini juga kaya akan kalsium, yang membantu perkembangan tulang dan gigi yang lebih kuat. Anda harus memakan tebu utuh untuk mengambil sarinya, daripada harus diproses dengan mesin.

3. Membantu menghilangkan jerawat

Mungkin kedengarannya aneh, tapi memang benar jus tebu membantu menghilangkan jerawat. Ini mengandung asam alfa-hidroksi (AHA) yang meningkatkan perkembangan sel darah putih. Jika dikonsumsi secara teratur, maka akan mengeluarkan racun dari tubuh yang membersihkan radang dan infeksi kulit.

4. Menghilangkan bau mulut

Saat mulut terasa bau dan tidak nyaman, minumlah jus tebu. Tebu mengandung sumber mineral yang membuat enamel gigi tetap terjaga. Di samping itu, makan tebu juga bisa memperkuat gigi Anda, sehingga fungsinya baik.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jus tebu kaya akan antioksidan yang melawan infeksi dan menjaga sistem kekebalan tubuh lebih kuat. Anda tentunya dapat mendapat perlindungan dari penyakit flu, batuk, ISPA dan penyakit infeksi lainnya.

6. Menambah energi

Jus tebu adalah penguat energi instan dan itulah salah satu alasan mengapa orang meminumnya selama musim panas. Minum jus ini adalah cara terbaik untuk memberi energi pada diri sendiri dan menjauhi dehidrasi.

7. Membantu melawan kanker

Jus tebu mengandung sifat basa karena kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan mangan. Dengan adanya flavonoid, sari tebu dapat melawan dari sel kanker seperti yang dapat menyebabkan kanker payudara dan prostat.

8. Membantu dalam mengobati diabetes

Jus tebu sangat baik untuk penderita diabetes, tidak peduli seberapa manisnya. Ini berisi indeks glisemik rendah dan gula alami yang mencegah kadar gula darah meningkat pada pasien diabetes.

9. Melawan infeksi saluran kemih

Wanita rentan dengan masalah infeksi saluran kemih. Dampaknya tentu sulit buang air kecil dan bisa-bisa area ginjal tidak nyaman. Anda harus mencegahnya supaya tidak mengalami gangguan akibat dari ISK yang membahayakan.

10. Membantu masalah pencernaan

Siapa pun yang menderita masalah pencernaan harus mempertimbangkan untuk minum jus tebu setiap hari. Kualitas pencahar dalam jus menyembuhkan peradangan di usus dan mengurangi Anda dari sembelit, kembung dan kram. Jus tebu juga mengandung potasium yang menyeimbangkan kadar pH lambung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper