Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Boldsky
Boldsky

Bisnis.com, BANDUNG - Vitamin C adalah vitamin penting yang diperlukan untuk memperkuat sistem kekebalan dan berperan dalam banyak proses tubuh. Karena antioksidan dalam vitamin C sangat kuat yang diperlukan untuk mempromosikan fungsi sistem peredaran darah dan juga untuk pertumbuhan sel yang baik.

Vitamin C juga bisa membantu dalam mencegah kanker, menurunkan risiko penyakit jantung, meningkatkan kesehatan kulit agar bercahaya, memperlambat proses penuaan, membantu tubuh menyerap zat besi dan kalsium, meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menurunkan tingkat stres.

Nah, apabila kekurangan vitamin C, beragam tanda akan muncul di tubuh Anda. Gejala kekurangan vitamin C antara lain kulit terasa kering ataupun tubuh terasa sakit. Dan berikut ini adalah 10 gejala kekurangan vitamin C seperti dilansir Boldsky:

1. Rambut rontok dan kuku mulai rapuh

Jika Anda menderita masalah rambut rontok yang ekstrem atau kuku mudah rapuh maka itu adalah tanda kekurangan vitamin c. Vitamin C adalah nutrisi penting untuk menjaga kolagen dan protein yang memberi kekuatan rambut. 

2. Memar

Terkadang, Anda akan melihat memar di tubuh Anda bahkan tanpa terluka. Hal ini karena tubuh kekurangan vitamin C. Vitamin C dianjurkan untuk orang-orang yang mudah memar karena vitamin ini dibutuhkan untuk reparasi sel yang membantu menyembuhkan luka dengan cepat.

3. Gusi bengkak

Asupan harian vitamin c membuat gigi dan gusi Anda tetap sehat. Jadi, jika kadar vitamin C rendah dalam makanan Anda, maka akan menderita gusi bengkak atau berdarah yang dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit gusi seperti kudis.

4. Kulit kering

Jika Anda memperhatikan bahwa kulit terasa kering dan keriput maka itu adalah tanda bahwa ada kekurangan vitamin c. Vitamin c membuat kulit lebih baik dan mengurangi risiko penuaan dini.

5. Tubuh terasa sakit

Nyeri kronis pada tubuh dan persendian adalah gejala kekurangan vitamin c. Vitamin c sangat penting untuk memiliki persendian yang kuat dan kekurangan vitamin ini menyebabkan melemahnya tulang rawan yang melindungi sendi Anda.

6. Kelelahan

Kekurangan vitamin c menyebabkan tubuh akan merasa lelah karena selalu rendah energi. Jadi, vitamin C diperlukan untuk fungsi mental dan fisik yang tepat. Kurangnya vitamin ini akan menambah rasa lelah.

7. Penyakit kardiovaskular

Kekurangan vitamin c menyebabkan penyakit kardiovaskular karena mendukung fungsi pembuluh darah, arteri dan sel. Vitamin C membersihkan darah dan membantu menghilangkan racun keluar dari tubuh.

8. Perubahan suasana hati

Hal ini normal dan sehat untuk mengalami perubahan mood secara teratur namun jika Anda mengalami terlalu banyak perubahan suasana hati maka itu adalah gejala kekurangan vitamin c.

Akibatnya, Anda mungkin menjadi mudah tersinggung dan mudah marah. Jumlah vitamin C yang cukup dalam tubuh akan mengendalikan hormon yang menyebabkan mood Anda buruk dan juga akan memberi Anda stabilitas mental.

9. Infeksi

Vitamin C membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi. Defisit vitamin ini akan cenderung mengembangkan lebih banyak infeksi dan juga akan mengurangi kemampuan untuk menghancurkan patogen yang menyebabkan penyakit dan infeksi.

10. Pendarahan hidung

Jika Anda sering mengalami pendarahan hidung maka itu adalah gejala vitamin c. Asupan vitamin C yang memadai menurunkan kerapuhan pembuluh darah kecil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Ajijah
Sumber : Boldsky
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper