Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Emil Bersyukur Bandung Ditetapkan sebagai Destinasi Wisata Kuliner Nasional

Ridwan Kamil/Istimewa
Ridwan Kamil/Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG -- Kota Bandung ditetapkan sebagai kota destinasi wisata kuliner nasional oleh Kementerian Pariwisata bersama kota lainnya yakni Bali, Solo, Semarang dan Yogyakarta.

Dipilihnya Kota Bandung tersebut diakui Wali Kota Bandung Ridwan Kamil jika Kota Bandung memliki ragam kuliner yang cukup variatif. "Ini membuktikan kekayaan variasi kuliner Kota Bandung itu memang luar biasa," kata wali kota yang kerap disapa Emil itu, di Taman Lalu Lintas, Kota Bandung, Jum'at (29/9).

Menurut Emil, selain dalam hal variasi kulinernya, Kota Bandung juga terkenal akan inovasi-inovasinya. Maka, tak salah jika Kota Bandung ditetapkan sebagai salah satu destinasi kuliner nasional.

"Selain itu juga kan kuliner di Bandung banyak inovasi dan pilihannya," kata Emil.

Emil mengatakan, dengan ditetapkannya Kota Bandung ini tidak menutup kemungkinan festival-festival kuliner di Bandung akan diperbanyak. "Hari ini saja dalam rangka hari ulang tahun Bandung ada 600 kegiatan termasuk kulinernya. Sudah ada juga Bandung Culinary Night," ucapnya.

Dikutip Antara, Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata Vita Datau mengatakan, pihaknya telah memiliki sejumlah kriteria sebelum menetapkan destinasi kuliner Indonesia.

Kriteria-kriteria tersebut antara lain komitmen kuat dari pemerintah daerahnya untuk mengembangkan potensi wisata kuliner, memenuhi aspek bisnis serta higienis dalam penyajiannya.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, sektor kuliner merupakan salah satu sektor penunjang pariwisata lantaran setiap wisatawan yang datang ke Indonesia rata-rata menghabiskan 30 persen dananya untuk kuliner dan belanja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper