Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pria Ini Bisa Kembali Melihat Setelah Matanya Dimasukkan Gigi

Ings/Daily Mail
Ings/Daily Mail

Bisnis.com, BANDUNG -- Pria bernama John Ings (72) harus patut bersyukur setelah matanya bisa kembali melihat sejak 16 tahun terakhir mengalami kebutaan setelah menderita herpes simpleks.

"Selama 16 tahun terakhir saya benar-benar tidak mampu melihat melalui mata kanan saya, dan hanya sedikit penglihatan di mata kiri. Virus herpes simpleks telah menjalar hingga kornea mata saya," katanya seperti dilansir Daily Mail.

Operasi yang dilakukan Ings terbilang aneh bahkan unik yakni memasukan gigi ke dalam matanya. Operasi ini menggunakan prosedur osteo-odonto kerato-prosthesis di RS Mata Sydney Australia.

Dokter yang melakukannya adalah Dr Shannon Webber spesialis bedah mulut dan maksilofasial, dan Dr Greg Moloney spesialis okulopastik dari University of New South Wales (NSW) Australia.

Operasi terbagi menjadi empat bagian, pertama mengambil gigi Ings dan melubanginya. Lubang tersebut akan dipakai untuk menempatkan sebuah lensa plastik. Gigi tersebut lalu dijahit ke pipi pasien dan didiamkan selama tiga bulan. Selama proses itu, jaringan tisu pun tumbuh menyelimuti gigi itu hingga dirinya mendapat suplai darah mandiri.

"Sehingga ketika dipindahkan dari mulut, Anda memiliki jaringan kompleks yang hidup," kata Dr Webber.

Setelah menunggu tiga bulan, para dokter mengangkat gigi tersebut dan memasukkannya ke dalam kornea pasien. Sebagian kulit mulut diambil untuk menyegel kornea baru dari gigi tersebut. Dokter juga membuka kelopak mata pasien untuk memungkinkan lensa barunya dipakai melihat.

Ings sendiri menganggap prosedur medis tersebut berlangsung sukses. Kini dia bisa melihat istrinya kembali. "Sebelum operasi, saya tidak bisa melihat apa-apa," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Ajijah
Sumber : Daily Mail
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper