Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Panama negara terbaik untuk memulai bisnis/Business Insider
Panama negara terbaik untuk memulai bisnis/Business Insider

Bisnis.com, BANDUNG -- Universitas Wharton dan tim riset Y&R merilis daftar terhadap negara-negara terbaik untuk memulia bisnis dengan total 80 negara yang secara kolektif 95% dari produk domestik bruto global.

Negara Eropa tengah dan utara mendominasi peringkat terbaik untuk memulai bisnis. Secara keseluruhan peringkat dilatarbelakangi berbagai faktor seperti kewirausahaan, warisan, kualitas hidup, dan keterbukaan untuk bisnis.

Selain itu berbagai faktor lainnya termasuk harga biaya produksi, tingkat birokrasi, pajak, transparansi pemerintah, dan tingkat korupsi.

Berikut Daftar yang dilansir Business Insider, Kamis (30/3/17):

9. Norwegia

Seperti banyak negara Skandinavia, Norwegia memiliki salah satu tingkat pajak tertinggi di dunia, dengan total beban pajak dari sekitar 40 sampai 45% dari PDB.. Sementara dengan beban pajak yang besar tidak menyulitkan memulai bisnis di negara itu. Transparansi negara dan kurangnya tingkat korupsi salah satu alasannya.

8. Selandia Baru

Selandia Baru memiliki industri pariwisata yang sangat kuat, begitu juga dengan pasar ekspor terutama di bidang pertanian. Seperti Norwegia, skor tinggi ada pada “Keterbukaan untuk Bisnis” karena praktek-praktek pemerintahan yang transparan dan kurangnya tingkat korupsi.

7. Kanada

Satu-satunya dari Amerika utara. Dengan PDB per kapita sebesar £ 36.300, masyarakat industri teknologi tinggi memiliki manfaat dari standar hidup yang tinggi pula dan tenaga kerja terampil. Sektor jasa adalah ekonomi terbesar di Kanada.

6. Swedia

Swedia mengoperasikan sistem kapitalisme pasar bebas yang dikombinasikan dengan negara kesejahteraan yang komprehensif. Sementara lingkungan pajak karena itu tidak menguntungkan seperti negara-negara lain. Skor tinggi untuk transparansi pemerintahan dan sebagian besar bebas dari korupsi.

5. Finlandia

Negara ini memiliki skor tertinggi pada indeks transparansi pemerintahan dan menunjukkan tingkat yang sangat rendah pada korupsi. Namun Finlandia menempati peringkat ketujuh di dunia untuk kualitas hidup.

4. Denmark

Negara Nordik Eropa utara terus mendominasi daftar. Denmark memiliki tingkat korupsi yang rendah, tingkat transparansi yang tinggi, dan tenaga kerja yang terampil. Kota Kopenhagen adalah modal yang berfungsi baik sebagai pusat industri dan keuangan.

3. Swiss

Swiss telah lama dianggap sebagai tempat yang sangat menarik untuk tinggal dan bekerja. Memiliki lingkungan yang sangat kompetitif, pemerintahan yang transparan, dan rendahnya tingkat korupsi. Ini adalah peringkat dalam indeks secara keseluruhan sebagai negara terbaik di dunia.

2. Luksemburg

Negara yang terkurung daratan kecil di Eropa Barat ini sering digambarkan sebagai “surga pajak,”. Itu berarti memiliki salah satu pajak yang paling kompetitif di dunia, serta manfaat khas dari ekonomi Eropa yang sangat maju.

1. Panama

Negara yang menghubungkan Kosta Rika dan Amerika Selatan adalah satu-satunya negara sentral Amerika dalam daftar. Juga dikenal sebagai “surga pajak,”. Panama memiliki skor penuh yakni 10 untuk sektor lingkungan pajak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Ajijah
Sumber : Business Insider
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper