Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Aneh, Pria Ini Sempat-sempatnya Main Gitar di Saat Operasi Tumor

Operasi unik/Daily Mail
Operasi unik/Daily Mail

Bisnis.com, BANDUNG -- Rolden Batista (40) sempat-sempatnya bermain gitar di saat dirinya akan dioperasi. Dia memainkan lagu dengan gitar coklatnya di saat ahli bedah melakukan operasi pengangkatan tumor otak.

Dia diminta untuk bermain gitar di tengah prosedur operasi kompleks. Kendati terlihat aneh, ternyata alunan pasien itu turut "membantu" operasi berat yang dilakukan oleh ahli bedah.

"Saya diberitahu bahwa saya harus menjalani operasi dan ada dua metode, yaitu dibius total atau membuat saya sadar selama dioperasi," ungkapnya seperti dilansir Daily Mail, Selasa (7/3/17).

Anehnya, dia malah memilih opsi kedua. Bahkan, dokter menyarankannya untuk bermain gitar selama operasi.

Ternyata ada alasan dibalik saran itu. Dia menjelaskan, menyuruh pasien bermain gitar adalah cara tercepat guna mengetahui, apakah mereka membuat kesalahan selama prosedur operasi.

"Dokter kemudian datang dan membuat ide bagaimana jika saya bermain gitar," kata Batista.

 

Ketika pasien tidak mampu melafalkan lagu, itu memberikan mereka kesempatan untuk memperbaiki kembali pada area otak yang mengontrol gerakan, ucapan, dan indra sebelum terlambat.

Dan ternyata ini bukan pertama kali "kejadian aneh saat operasi", pada 2015 seorang pria asal Brasil membuat para dokter takjub dengan permainan lagu 'Yesterday' dari The Beatles.

Adapun Roger Frisch, seorang pemain biola, yang mengalami tremor esensial. Dia membantu ahli bedah melalui permainan biola.

Sehingga dokter dapat menemukan tempat yang tepat untuk menanamkan elektroda kecil di otaknya. Ahli bedah memintanya untuk bermain biola untuk mengetahui keberhasilan prosedur operasi. 

Kejadian ini mendapat perhatian netizen dengan komentar anehnya pula. "Adakah tempat untuk drum saya?" tulis angry.

"Operasi yang hebat dari aksi yang unik bahkan aneh, salut," tulis Judrops.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Ajijah
Sumber : Daily Mail
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper