Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Di Jepang, Anda Diizinkan Bawa Anjing ke Pesawat

Baru-baru ini sebuah maskapai penerbangan Jepang telah meluncurkan layanan penerbangan khusus bagi penumpang yang ingin membawa anjing mereka di kabin utama, sehingga anjing tersebut bisa duduk bersama pemiliknya.
Daily Mail
Daily Mail

Bisnis.com, BANDUNG--Baru-baru ini sebuah maskapai penerbangan Jepang telah meluncurkan layanan penerbangan khusus bagi penumpang yang ingin membawa anjing mereka di kabin utama, sehingga anjing tersebut bisa duduk bersama pemiliknya.

Dilansir dailymail, Kamis (1/2/17) maskapai Japan Airlines menerapkan kebijakan tersebut untuk pertama kalinya yang diluncurkan pada penerbangan lokal dari bandara Narita ke Perfektur Kagoshima, barat daya Jepang.

Paket perjalanan tersebut dibiayai ¥150.000 atau setara Rp17 juta, yang juga memungkinkan pemilik dan anjing mereka tinggal bersama di sebuah hotel dan pergi jalan-jalan di mobil sewaan. Penerbangan sejauh 860 mil itu berlangsung sekitar dua jam.

Toshihiko Kai, seorang pegawai perusahaan yang pergi bersama seekor dachshund kecil berusia empat tahun, berbagi pengalamannya. "saya hampir terganggu ketika anjing saya selalu menyalak saat check-in bagasi," katanya. Sementara seorang pejabat maskapai menerangkan, "Wisata udara dengan hewan peliharaan ini akan mengarah pada pembukaan pasar baru untuk penerbangan domestik," ungkapnya.

Ketika perusahaan mengumumkan layanan ramah-anjing pada Desember lalu, semua kursi dipesan dalam waktu satu jam dengan sekitar 60 orang dan 30 anjing, kata perusahaan itu.

Kendati demikian, ini bukan pertama kalinya di Jepang pemilik binatang memiliki kesempatan untuk terbang dengan Anjing kesayangan mereka. Mei lalu, All Nippon Airways (ANA) mengujicobakan tur yang mengangkut 87 penumpang dari Perfektur Hokkaido dengan 44 hewan peliharaan.

Paket dasar ANA berbiaya sekitar ¥220.000 atau setara Rp25 juta untuk dua orang dewasa dan seekor anjing. Karena permintaan begitu besar, persediaan kursi telah terjual hanya dalam dua hari.

Menurut Japan Times dan dokter hewan yang ikut serta dalam tur, selama penerbangan anjing-anjing itu disimpan di kandang yang melekat pada kursi.

Sementara itu Japan Pet Food Association (JPFA), menyatakan jika 18 persen dari keluarga di Jepang memiliki hewan peliharaan pada hitungan terakhir pada tahun 2009. Ini setara dengan sekitar 12.3juta anjing atau lebih dari jumlah anak-anak di Negeri Sakura tersebut. (k19)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Ajijah
Sumber : Dailymail
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler