Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ilustrasi
ilustrasi

Bisnis.com, BANDUNG - Terkadang kita sering salah kaprah mengenai hal ini, padahal larangan ini bukan tanpa alasan. Air merupakan salah satu asupan yang penting bagi tubuh dan kesehatan manusia.

Minum air secara teratur dapat membantu kita dalam percernaan dan kebutuhan sistem dalam tubuh. Namun, acap kali kita tak tahu bagaimana sih cara minum air yang baik dan benar bagi kesehatan?

Begini penjelasannya:

1. Ginjal  

Minum dengan cara duduk adalah posisi paling tepat untuk ginjal Anda agar berfungsi dengan baik. 

2. Langsung ke kandung kemih

Alasannya, air yang masuk dengan cara duduk akan disaring oleh sfringer. Sfringer adalah suatu struktur maskuler berotot yang bisa membuka dan menutup agar air kemih bisa lewat. Dan ternyata sfringer ini hanya bekerja pada saat kita duduk. Sehingga jika kita minum atau makan sambil berdiri, air yang masuk ke dalam tubuh akan masuk begitu saja tanpa disaring oleh sfringer

3. Saraf Tegang

Salah satu alasan kita minum sambil duduk adalah untuk menghindari ketegangan pada saraf. Setiap organ keseimbangan dalam pusat saraf sedang bekerja keras untuk mempertahankan semua otot tubuh agar tetap tegak. Ini menyebabkan manusia tidak bisa mencapai ketenangan yang merupakan syarat terpenting pada saat minum. Ketenangan ini hanya bisa dihasilkan pada saat duduk, di mana syaraf berada dalam keadaan tenang dan tidak tegang, sehingga sistem pencernaan dalam keadaan siap untuk menerima makanan dan minum dengan cara cepat.

4. Gangguan pencernaan

Jika Anda meminum air dalam jumlah yang besar sambil berdiri, Anda bisa saja mengalami beberapa gangguan pencernaan.

5. Proses pencernaan menjadi kacau

Jika minum sambil berdiri, air bisa langsung mengalir pada dinding perut Anda, yang bisa mengacaukan proses pencernaan.

6. Keseimbangan cairan

Minum air sambil berdiri juga bisa mengacaukan keseimbangan cairan tubuh lainnya, yang dapat mempengaruhi daerah sendi dan bahkan menyebabkan arthritis dalam jangka panjang.

Nah, selain pengetahuan di atas, kita juga direkomendasikan untuk minum delapan gelas sehari dengan catatan tidak berlebihan atau kekurangan agar cairan di dalam tubuh Anda seimbang.

Jadi mulai sekarang biasakan minum sambil duduk, ya! (K19)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ilham Budhiman
Editor : Ajijah
Sumber : BBC
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper