Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Mencegah Bisul di Mulut

Sering mengalami bisul di lidah atau bibir? Ulkus adalah salah satu masalah kesehatan di rongga mulut yang paling sering ditemui.n
Ilustrasi/Alamy
Ilustrasi/Alamy

Bisnis.com, BANDUNG--Sering mengalami bisul di lidah atau bibir? Ulkus adalah salah satu masalah kesehatan di rongga mulut yang paling sering ditemui.

Biasanya, ulkus dimulai dengan peradangan pada daerah rongga mulut. Misalnya, munculnya bibir kering dan pecah-pecah.

Pada intinya, sariawan adalah luka di mulut dalam bentuk cekung kemerahan. Ketika disentuh oleh makanan, bisul akan menyakiti.

Meskipun borok sering dihadapi oleh beberapa orang, tetapi dapat dicegah dan disembuhkan. Berikut adalah beberapa metode untuk mencegah dan mengobati bisul menurut pencegahan, seperti dilansir MedicMagic, Senin (24/10/2016):

1. Hindari makanan asam dan manis
Asam bisa mengiritasi maag lebih, menyebabkan sensasi terbakar dan memperpanjang proses penyembuhan. Perlu diingat bahwa bakteri dalam mulut juga mengubah gula menjadi asam. Ini adalah salah satu penyebab utama kerusakan gigi, tetapi juga dapat menyebabkan bisul.

2. Mengubah pasta gigi
Menurut Mayo Clinic, pasta gigi dan larutan kumur yang mengandung sodium lauryl sulfate (SLS) atau agen berbusa yang umum digunakan dapat memicu borok pada beberapa orang. Oleh karena itu, lebih baik untuk mengubah ke pasta gigi SLS bebas.

3. Berkumur dengan air garam.
Garam membersihkan, membantu menyembuhkan dan menghentikan rasa sakit sariawan.

4. Baking soda
Baking soda adalah alkali yang membantu menetralkan asam di mulut saat membersihkan dan menenangkan borok pada saat yang sama. Gunakan satu sendok teh baking soda dalam secangkir air hangat dan berkumur beberapa kali sehari selama beberapa menit.

5. Berkumur dengan hidrogen peroksida.
Berkumur dengan hidrogen peroksida dapat mengobati bisul. Hidrogen peroksida merupakan antiseptik yang dapat membantu mengatasi sariawan dan mempromosikan penyembuhan.

6. Susu Nagnesium
susu magnesium atau magnesium hidroksida dikenal hanya sebagai solusi untuk mengatasi mulas dan sembelit. Nah, ternyata susu magnesium juga membantu dalam mengatasi bisul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper