Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KA Mutiara Selatan Kembali ke Kelas Bisnis

Newswire
Newswire - Bisnis.com 18 Oktober 2016  |  18:21 WIB
jibiphoto
jibiphoto

Bisnis.com, BANDUNG - Untuk memberikan rasa nyaman dan pelayanan yang lebih baik kepada pengguna jasa KA, mulai 21 Oktober 2016 KA Mutiara Selatan rute Bandung-Surabaya-Malang PP kembali menggunakan rangkaian kelas bisnis.

Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung Franoto Wibowo menyampaikan, KA Argoparahyangan mulai 25 Oktober 2016 untuk kereta kelas bisnis berubah menjadi menggunakan kereta kelas ekonomi baru sehingga stamformasi KA Argoparahyangan menjadi empat kereta eksekutif ditambah empat kereta ekonomi baru dengan total tempat duduk 520 seat.

"Dengan adanya perubahan rangkaian kereta ini, terdapat perubahan pelayanan kelas perjalanan kereta api, baik yang dari kelas bisnis ke kelas ekonomi baru ataupun sebaliknya," katanya, kepada wartawan, Selasa (18/10/2016).

Dia menjelaskan, PT KAI memberlakukan pengembalian selisih bea bagi pengguna layanan kereta kelas bisnis menjadi layanan kelas ekonomi baru. Rincian pengembalian beanya untuk penumpang KA Mutiara selatan yang telah membeli tiket dengan kelas ekonomi tidak dikenakan bea tambahan meskipun terjadi perubahan ke kelas bisnis.

Bagi penumpang yang telah membeli tiket LA Argoparahyangan dengan kelas bisnis maka diberikan pengembalian bea sebesar Rp20.000. Apabila terdapat penumpang yang keberatan untuk menggunakan KA dengan kelas yang lebih rendah maka kepadanya diberikan pengembalian bea sebesar 100%.

Pengembalian bea dapat dilakukan di stasiun kedatangan penumpang atau stasiun lain yang memungkinkan. Setelah penumpang menyerahkan tiket/bukti transaksi pembelian tiket go show atau tiket boarding pass kepada petugas yang melayani pengembalian bea.

"Pengembalian bea sedapat mungkin dilakukan pada hari yang sama dengan kedatangan KA," ujarnya.

Berkaitan dengan semakin dekatnya Natal dan Tahun baru 2017, Daop 2 Bandung mengingatkan bahwa tiket kereta api untuk momen tersebut sudah bisa di pesan.

"Kami perkirakan menjelang libur Natal dan tahun baru antusias masyarakat untuk bepergian dengan kereta api akan meningkat. Untuk itu, disarankan agar masyarakat melakukan pemesanan jauh hari sebelum keberangkatan. pemesanan tiket bisa dilaksanakan di semua channel," paparnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bisnis jabar
Editor : Fajar Sidik
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top