Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sindrom Bisa Menyerang Anda Tanpa Disadari

Ada banyak gangguan psikologi dan saraf yang cukup terkenal pada masa kini. Sementara para psikolog dan psikiater mudah menemukan diagnosa kebanyakan masalah tersebut, Anda akan menemukan beberapa gangguan yang cukup hilang dari pandangan, tidak banyak orang yang tahu tentang gangguan ini.
(reuters)
(reuters)

BANDUNG--Ada banyak gangguan psikologi dan saraf yang cukup terkenal pada masa kini. Sementara para psikolog dan psikiater mudah menemukan diagnosa kebanyakan masalah tersebut, Anda akan menemukan beberapa gangguan yang cukup “hilang dari pandangan”, tidak banyak orang yang tahu tentang gangguan ini.

1.       Sindrom Landau-Kleffner

Ini adalah gangguan psikologis ganjil yang biasanya mengenai anak-anak. Ini bisa menyebabkan kejang dan berbagai komplikasi, tapi ciri yang paling mengganggu adalah gejala ini dapat mengganggu kemampuan mengenali dan menggunakan bahasa. Sementara, beberapa tipe terapi berbicara dapat membantu, para peneliti agak kehilangan kata-kata ketika mereka harus menjelaskan mengapa gejala Landau-Keffner harus ada.

2.       Sindrom The Walking Corpse

Seperti tampak pada film David Lynch, gangguan aneh ini biasanya muncul dalam kasus orang-orang yang menderita kecanduan narkoba atau sering kurang tidur. Gejala The Walking Corpse pada dasarnya merupakan khayalan bahwa Anda sudah mati atau tidak hidup.

3.      Aboulomania

Aboulomania mengimplikasikan pada orang yang menderita kebingungan yang parah bahkan ketika menghadapi tugas atau pilihan yang sederhana. Penderita terkadang merasa terkurung oleh ketidakmampuannya untuk memutuskan apa yang mereka mau, walaupun mereka sadar pada kenyataannya, secara fisik, tidak ada yang salah.

4.      Sindrom Alice in Wonderland

Ini disebut juga dengan “Micropsia,” gangguan psikologi tidak biasa ini lebih sering dianggap sebagai masalah pada visual. Orang-orang yang menderita gejala ini melihat objek lebih kecil daripada mereka, dan, pada beberapa kasus aneh, objeknya sebenarnya tampak lebih dekat daripada sebenarnya. Ini bukan masalah mata, namun, dan terutama terkait dengan cara otak menginterpretasikan informasi.

5.      Erotomania

Sering kali dikaitkan dengan hiperseksualitas dan terobsesi cinta, erotomania pada dasarnya ialah sebuah kepercayaan kuat bahwa seseorang seperti Beyonce atau Kim Kardashian sangat jatuh cinta pada Anda. Orang yang menderita erotomania tidak akan bisa diyakinkan bahwa tidak ada yang terjadi diantara mereka bahkan ketika artis yang dimaksud menyangkal ketika ditanya langsung apakah ia memiliki perasaan terhadap mereka.

6.      Boanthropy

Ini merupakan salah satu gangguan psikologi khayalan paling aneh yang menyebabkan orang-orang percaya mereka adalah sapi, kerbau, atau tipe binatang berkaki empat lainnya. Terkadang kondisi ini bisa diinduksi melalui hipnotis, tapi bisa juga muncul secara spontan, dimulai dari sesuatu yang murni seperti mimpi dan memanifestasikan diri sendiri sebagai khayalan penuh lainnya.

7.      Sindrom The Alien Hand

Ini merupakan gangguan tidak biasa lainnya yang dapat dikatakan menjadi gangguan pada akhirnya. Penderita sindrom The Alien Hand menggerakkan tangannya tanpa sadar dan bahkan memegang sesuatu, kebanyakan bahkan tindakan itu tidak mereka sadari. Beberapa pasien mengklaim kerasukan setan atau bahkan berbicara dengan “tangan alien”. Sejak 1909, ketika penderitaan itu pertama kali teridentifikasi, hanya 40-50 kasus yang dilaporkan.

8.      Sindrom The Riley-Day

Sindrom The Riley-Day atau “Familial Disautonomia” adalah gangguan aliran genetik yang sangat langka, sejak gen spesifik diturunkan dari kedua orang tua untuk membentuk gen tersebut. Gangguan ini pada dasarnya berdampak pada sistem saraf dalam cara yang aneh dan tidak biasa. Ini dapat menyebabkan apapun dari muntah hingga kesulitan melakukan tugas yang paling dasar dan bahkan sepenuhnya merasa mati rasa hingga nyeri.

Tidak semua gangguan psikologi dan saraf berbahaya seperti schizophrenia, tapi seperti yang Anda bisa lihat, ada beberapa di luar sana yang dapat menyebabkan beberapa masalah serius. Manakah satu yang Anda temukan paling mengganggu?

Sumber: allwomenstalk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper