Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

China Setop Gunakan Aplikasi Selfie WeChat dalam Pembuatan Paspor

Pemerintah China menghentikan penerimaan foto selfie ntuk dokumen resmi yang diproses dengan aplikasi servis baru bernama Xingfu. Aplikasi tersebut juga tersedia di layanan pesan WeChat.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 02 April 2015  |  16:44 WIB
foto selfie  -  forbes
foto selfie - forbes

BIsnis.com,BANDUNG—Pemerintah China menghentikan penerimaan foto selfie ntuk dokumen resmi yang diproses dengan aplikasi servis baru bernama Xingfu. Aplikasi tersebut juga tersedia di layanan pesan WeChat.

Ide tersebut sebenanya sangat cemerlang. Masyarakat membuat foto selfie dengan ponselnya, dan mengunggah ke sebuah pusat foto digital yang dimiliki China Telecom dan dari sana foto dikirim langsung ke polisi local yang memproses dokumen-dokumen resmi termasuk paspor.

Kendati demikian, layanan aplikasi yang diluncurkan bulan lalu oleh Guangzhou-based Hingfu Network Technolog tersebut juga memiliki fungsi kontroversial. Fungsi kontroversial tersebut membuat pengguna dapat mengirim gambar yang berbeda dengan tampilan aslinya.

Aplikasi tersebut sebenarnya hanya ada di tiga kota di China: Guangzhou, Shenzhen dan Foshan. Hanya ada dua hari setelah peluncurannya pada 25 Maret 2015 lalu, kepolisian secara resmi mengecam penggunaan foto digital yang ditransfer melalui layanan selfie Xingfu-WeChat tersebut.

Manger Xingfu mengatakan layanan aplikasi tersebut secara berkala akan ditangguhkan oleh perusahaan tersebut, dan berkeinginan meningkatkan kualitas pelayanan yang disesuaikan dengan aturan kepolisian.

Setelah dirilis tahun 2011, WeChat hari ini memiliki sekitar 500 juta pengguna aktif per bulan. (k4)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gadget

Sumber : forbes

Editor : Fajar Sidik

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top