Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cara Manfaatkan Media Digital Untuk Bisnis

Direktur Lembaga Peneltian Pengabdian Masyarakat (LPPM) Telkom University Palti Sitorus memberikan beberapa tips tentang pengembangan bisnis, khususnya dengan memanfaatkan media digital.
Ilustrasi/franchiseherald.com
Ilustrasi/franchiseherald.com

Bisnis.com, BANDUNG--Bisnis.com, BANDUNG--Direktur Lembaga Peneltian Pengabdian Masyarakat (LPPM) Telkom University Palti Sitorus memberikan beberapa tips tentang pengembangan bisnis, khususnya dengan memanfaatkan media digital.

Menurutnya, dari sisi content para pelaku usaha harus membuat produk yang dihasilkan pleh perusahaannya menjadi bagus, besar dan hebat. Bkn hnya besar, tetapi sebuah produk yang berbeda atau something different adalah yang dibutuhkan oleh konsumen.

Kedua adalah jalin hubungan atau percakapan (conversation) di mana jika belum ada deal maka komunikasi harus terus dilakukan. Ketiga adalah convenience di mana dibutuhkan kesabaran menunggu keuntungan. Walaupun awalnya keuntungan hanya dikit, tetapi usaha tetap harus terus dijalanin.

Keempat adalah customisation atau bagaimana caranya pelaku usaha membuat produk sesuai dengan apa yang diinginkan pelanggan. Lalu ada collaboration yaitu bagaimana bisnis sekarang tidak bisa dimaenkan secara tunggal. Dibutuhkan designer, programmer, dan kita hanya penyumbang ide, sehingga harus berkolaborasi.

Yang ketujuh adalah convergence dimana pelaku usaha harus percaya atau menanamkan keyakinan yang mengarah ke convergent bahwa digital marketing ini akan mengarah kepada satu titik.

Selain itu juga terdapat beberapa langkah membangun strategi yaitu mengetahui apa yang dibutuhkan oleh konsumen, objektif, tidak menawarkan produk jika tidak siap. Pelaku usaha juga tidak boleh terlihat lemah dan sebaliknya harus terlihat kuat dan siap berkompetisi. Kompetisi adalah sesuatu yang membuat pelaku usaha dapat lebih maju.

Selanjutnya yaitu mendorong kekuatan dan kapabilitas juga hal yang penting dalam strategi bisnis dan begitu pula dengan speed of light, dimana kecepatan juga menjadi salah satu kunci.

Setelah itu, ukur pengeluaran dan untung setiap hari serta jadikan pengalaman kostumer sebagai salah satu modal untuk memperbaiki proses bisnis yang dijalani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper