Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Inilah 7 Jenis Batu Paling Digemari di Dunia

Heboh demam batu akik belakangan ini tak cuma menjangkiti pedagang dan masyarakat penggemar benda-benda antik. Sejumlah tokoh ternama hingga selebriti dunia juga ikut mengoleksi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 23 Februari 2015  |  21:12 WIB
Inilah 7 Jenis Batu Paling Digemari di Dunia
Ilustrasi - alibaba.com
Bagikan

Bisnis.com, SOLO – Heboh demam batu akik belakangan ini tak cuma menjangkiti pedagang dan masyarakat penggemar benda-benda antik. Sejumlah tokoh ternama hingga selebriti dunia juga ikut mengoleksi.

Beberapa waktu lalu, istri mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono, sempat mempertontonkan batu akik yang disebutnya sebagai koleksi istimewa.

Di akun Instagramnya, Ani, mengunggah tiga batu mulia dengan bentuk yang berbeda-beda.  Salah satu batu mulia tersebut bertuliskan lafadz Allah dalam bahasa Arab. Selain itu terdapat juga koleksi batu mulia berwarna pink bergradasi putih.

SBY memang dikenal gemar mengoleksi batu mulia atau batu akik. SBY diketahui sering tampil mengenakan jenis bacan doko yang harganya menembus Rp3 Miliar.

Selebriti dunia, Taylor Swift, juga tak kalah. Pelantun Shake it Off ini tampil di red carpet Grammy Awards 2015 mengenakan perhiasan yang terbuat dari batu Black Opal.

Batu mulia atau batu akik yang menjadi salah satu bagian dari gaya hidup, kini juga menjadi komoditas yang cukup menguntungkan. Sebagian diantaranya punya rentang harga yang sulit dijangkau. Beberapa menjadi cukup populer karena dipakai tokoh terkenal dunia.

Inilah tujuh jenis batu akik paling digemari di dunia;

Batu Bacan
Batu bacan merupakan jenis batu mulia/akik asal Indonesia dan banyak ditemukan di daerah Halmahera Selatan Maluku Utara tepatnya di pulau bacan. Jenis batu bacan paling populer dan banyak dicari jenis batu bacan doko dan batu bacan palamea.

Batu bacan rata-rata berwarna hijau. Di situs jual beli dapat ditemu bacan dengan harga bervariasi dari ratusan ribu hingga puluhan juta. Salah satu bacan termahal bahkan berada di kisaran harga Rp150 Jutaan.

Opal (Kalimaya)
Batu Opal menjadi salah satu batu akik paling mahal di dunia. Harga batu opal atau dikenal pula dengan batu kalimaya yang termahal mencapai US$2.500 per karat atau sekitar Rp30 juta/karat.

Batu opal di Indonesia dikenal dengan istilah kalimaya dan banyak ditemukan di Daerah Banten. Harga batu kalimaya sendiri bervariasi tergantung kualitas layaknya batu akik pada umumnya.

Batu Sungai Dareh
Batu akik Sungai Dareh populer berkat SBY dan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama. Harganya bervariasi dari mulai ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah, tergantung jenisnya.

Kunikan dan kelebihan atau keistimewaan batu sungai dareh terletak pada corak an warna batu yang sangat menawan. Batu ini juga memiliki kekerasan standar batu mulia kualitas internasional dengan keras 7 skala mohs atau sama dengan batui Giok Tiongkok yang telah dikenal manusia ribuan tahun lalu.

Amethyst (Kecubung)
Amethyst sangat terkenal di sejumlah negara di Eropa dan Asia. Warna khas ungu yang terdapat pada batu ini membuatnya terlihat mempesonal. Tak hanya bisa dijadikan sebagai perhiasan, kecubung juga dipercaya sebagai batu pembawa keberuntungan.

Amethyst sebenarnya cukup terjangkau, meskipun untuk jenis Deep Rusian bisa harganya bisa mencapai Rp70 Juta per karat.

Ruby
Diantara deretan batu mulia, Ruby, mungkin menjadi salah satu yang cukup terkenal. Batu Ruby sering juga disebut batu merah delima. Harga batu ini bervariasi tergantung tingkat keunikan dan kualitasnya. Batu ruby dipercaya sebagai simbol kekuatan dan keberanian

Batu Topaz
Batu topaz memiliki banyak warna seperti kuning, biru dan jingga agak kemerahan. Jenis batu ini banyak ditemukan di banyak negara seperti Sri Lanka, Rusia, Brazil, Meksiko dan masih banyak lagi negara penghasil batu yang banyak diguakan sebagai perhiasan ini.

Seperti batu mulia pada umumnya, topaz dipercaya menandung energi alam yang bermanfaat bagi pemakainya baik yang berkaitan dengan kesehatan jazmani maupun rohani seperti menghilangkan depresi, memaksimalkan daya kerja otak serta dipercaya bisa membawa kedamaian.

Batu topaz dengan warna biru muda sampai biru tua berkisar di harga Rp100.000 sampai Rp2 Juta per karat. Bahkan untuk topaz dengan kualitas keindahan yang lebih bagus lagi dapat mencapai puluhan juta per karat.

Batu Safir
Safir sudah cukup populer di berbagai belahan negara. Safir menjadi salah satu batu yang cukup mahal. Bahkan batu ini disebut-sebut untuk kalangan atas saja.

Safir termasuk mineral yang dikenal sebagai korundum dan secara umum digunakan sebagai permata cincin yang indah atau untuk perhiasan jenis lainnya. Batu permata ini memiliki banyak variasi warna seperti warna biru, jingga, kuning, merah muda, kehijauan dan ungu.

Khasiat batu safir dipercaya untuk menenangkan pikiran dan memancarkan aura positif untuk mengembangkan daya pikir bagi pemakainya. Harga batu Safir berada di kisaran jutaan rupiah hingga ratusan juta rupiah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lifestyle bandung

Sumber : JIBI/Solopos

Editor : Ajijah
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
back to top To top