Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astronot Ini Perbaiki Stasiun Hanya dengan Sikat Gigi

MOSKOW -- Selama berjalan di antariksa, astronot NASA Sunita Williams dan rekannya dari Jepang Akihiko Hoshide mampu menghidupkan unit listrik di International Space Stasiun, Rabu (5/9).

MOSKOW -- Selama berjalan di antariksa, astronot NASA Sunita Williams dan rekannya dari Jepang Akihiko Hoshide mampu menghidupkan unit listrik di International Space Stasiun, Rabu (5/9). Kedua astronot tersebut melaksanakan tugas utama mereka untuk menyelesaikan pemasangan Main Bus Switching Unit (MBSU) yang baru di tiang penopang stasiun antariksa itu --yang telah mengakibatkan masalah selama berjalan di antariksa pada 30 Agustus. Williams dan Hoshide menggunakan alat yang dibuat dari sikat gigi dan beberapa suku-cadang untuk melakukan perbaikan. Mereka juga memasang satu kamera di lengan robot stasiun tersebut, Canadarm2, selama perjalan di antariksa yang berlangsung enam jam dan 28 menit, kata NASA, sebagaimana dikutip dari RIA Novosti di Jakarta, Kamis. Sebelumnya, Insinyur Penerbangan NASA Sunita Williams dan Insinyur Penebangan Badan Eksplorasi Antariksa Jepang Akihiko Hoshide menghabiskan delapan jam dan 17 menit di antariksa. Mereka sempat gagal memasang MBSU baru di tiang penopang S0 di stasiun tersebut sebab mereka menghadapi kesulitan untuk memasang baut guna menguatkan peralatan itu. MBSU adalah komponen berat yang digunakan untuk menyalurkan energi dari piranti surya ke sistemnya. Berjalan di antariksa sebelumnya oleh Williams dan Hoshide adalah yang paling lama ketiga dalam sejarah. Berjalan di antariksa paling lama, delapan jam dan 56 menit dilakukan oleh astronot AS Susan Helms dan James Voss pada 2001.(Antara/yri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper