Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Yuk, mengenal tanaman karnivor

Karnivora yang merupakan istilah untuk pemakan daging rupanya tidak hanya ditujukan untuk sebuan bagi binatang. Rupanya tanaman pun ada yang termasuk dalam golongan pemakan daging atau karnivora ini. Ya, mereka memakan daging terutama serangga yang hinggap pada mereka. Berikut beberapa tanaman karnivora yang ada:
Sundews (Drosera)
Sundews (Drosera)

Karnivora yang merupakan istilah untuk pemakan daging rupanya tidak hanya ditujukan untuk sebuan bagi binatang. Rupanya tanaman pun ada yang termasuk dalam golongan pemakan daging atau karnivora ini. Ya, mereka memakan daging terutama serangga yang hinggap pada mereka. Berikut beberapa tanaman karnivora yang ada: 1. Sundews (Drosera) Sundews (Drosera) Tanaman berwarna merah dan berbentuk hampir mirip buah rambutan ini memiliki lebih dari 170 spesies. Tanaman ini dapat ditemukan di berbagai tempat di seluruh dunia seperti di seluruh Amerika bahkan di Selandia Baru. 2. Butterworts (Pinguicula) Tanaman yang ditemukan di beberapa tempat basah di Amerika, Eropa, dan di utara Asia. Tanaman ini memiliki memiliki kelenjar daun untuk memikat serangga. Setelah serangga hinggap di daun tanaman ini, maka ia akan mencerna serangga tersebut. 3. The Venus Fly Trap (Dionaea muscicapula) Tanaman satu ini ditemukan di rawa-rawa yang berada di Carolina, Amerika Serikat. Hewan karnivora ini memakan hewan terutama serangga dengan perangkapnya yang mirip dengan daun pada tanaman biasa. 4. Pitcher plants (Nepenthes) Tanaman dengan nama Indonesia Kantung Semar ini juga memangsa serangga. Tanaman ini tumbuh dari Madagaskar dan Asia Tenggara hingga ke imur laut Australia. 5.Mocassin plant (Cephalotus) Tanaman yang satu ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan kantung semar. Bedanya, tanaman ini berukuran lebih kecil dan mulut yang lebih luas. 6. California pitcher plant (Darlingtonia)California pitcher plant (Darlingtonia) Darlingtonia banyak ditemukan di utara California dan Oregon terutama di tempat air mengalir dan rawa-rawa. Tanaman ini disebut juga dengan tanaman cobra karena daunnya yang berbentuk tabung dan tampak seperti kobra dengan daun bercabang. 7. Portuguese sundew Portuguese sundew merupakan tanaman asli dari Portugal, Spanyol, dan Maroko. Tanaman ini tumbuh di tempat kering dan tanah alkalin. Aroma dari tanaman ini menarik serangga untuk datang hingga akhirnya menjadi mangsa bagi tanaman ini. Serangga yang tertangkap akan dikeluarkan oleh kelenjar yang terdapat pada daun.(yri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper