Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandung Pasar Potensial Layanan Armada Mikro Mobilitas

Penggunaan e-bike ride-sharing yang disediakan merupakan bentuk upaya meminimalisasi dampak pencemaran udara akibat polusi.
Layanan e-bike ride-sharing
Layanan e-bike ride-sharing

Bisnis.com, BANDUNG— Penggunaan armada mikro mobilitas di Bandung terus meningkat. Bahkan Kota Bandung berkontribusi terhadap 61,5% dari total perjalanan secara nasional armada mikro mobilitas yang disediakan oleh Beam Mobility.

Country Lead Beam Mobility Indonesia Ricky Sjofyan mengatakan penggunaan e-bike ride-sharing yang disediakan merupakan bentuk upaya meminimalisasi dampak pencemaran udara akibat polusi.

Bahkan, kualitas udara di sejumlah kota di Indonesia menurutnya terus berfluktuasi, termasuk di Bandung, di mana indeks kualitas udara (AQI) tercatat pada angka 134, yang tergolong "Tidak Sehat bagi Kelompok Sensitif." Kondisi ini cenderung memburuk menjelang akhir Oktober akibat peningkatan polusi dari emisi kendaraan dan kegiatan industri.

“Sehingga upaya perbaikan kualitas udara dapat dilakukan melalui penggunaan transportasi umum atau armada mikro mobilitas yang ramah lingkungan,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, Beam Mobility, perusahaan mikromobilitas terbesar di Asia Pasifik, mencatat bahwa pada September, Bandung menyumbang 61,5% dari total trip nasional untuk penggunaan armada mikro mobilitas, yang didominasi oleh kawasan pendidikan seperti Universitas Telkom dan Unpad. 

“Hal ini menunjukkan peran signifikan warga kota Bandung dan sekitarnya, khususnya di kalangan akademisi, dalam mengakses udara bersih dan layanan transportasi ramah lingkungan,” ungkapnya.

Dalam beberapa bulan terakhir, pihaknya juga melihat animo pengguna Beam di Bandung dan sekitarnya meningkat secara signifikan.

“Bahkan di bulan Agustus dan September 2024 ini tercatat total perjalanan yang dilakukan oleh pengguna layanan Beam Mobility berhasil melewati angka 100.000 trip per bulannya,” imbuhnya.

Menurut salah satu pengguna layanan Beam Mobility di kawasan Telkom University, Alfan, mengatakan bahwa layanan Beam Mobility sangat membantu dirinya dan teman-temannya untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dengan mudah dengan biaya yang kompetitif.

Hal senada juga diungkapkan oleh Mujaaddid, yang merupakan salah satu pengguna setia layanan Beam Mobility, “Aplikasi maupun e-bike Beam Mobility sangat mudah digunakan. Dan harga layananannya sangatlah terjangkau,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Sumber Daya dan Organisasi, Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran Cipta Endyana mengungkapkan bahwa kehadiran layanan e-bike ride-sharing Beam Mobility ini memberikan alternatif yang lebih murah dan mudah dalam berkendaraan di dalam Kampus Jatinangor Unpad. 

E-bike ini dapat digunakan selama 24 jam sehubungan dengan kegiatan mahasiswa hingga malam hari, menjadi solusi bagi mahasiswa yang pulang malam dan mahasiswa yang tinggal di asrama di dalam kampus. 

Selain itu, dengan kehadiran e-bike ini sangat menunjang program Green Campus yang sedang menjadi salah satu program prioritas Universitas Padjadjaran.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper