Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bulan Inklusi Keuangan: 2.000 Siswa SMP Ditantang Lahirkan Inovasi

2.000 siswa SMP ditantang untuk membuat gagasan dan inovasi sosial untuk mempromosikan literasi dan inklusi keuangan di masyarakat.
Bulan Inklusi Keuangan
Bulan Inklusi Keuangan

Bisnis.com, BANDUNG - 2.000 siswa SMP ditantang untuk membuat gagasan dan inovasi sosial untuk mempromosikan literasi dan inklusi keuangan di masyarakat.

Ribuan siswa ini akan memperebutkan dua tiket untuk melaju ke kompetisi tingkat Asia Pasifik pada November mendatang.

Dalam JA SparktheDream Social Challenge yang digelar FWD Insurance Indonesia (FWD Insurance) dan Prestasi Junior Indonesia (PJI) ini juga sekaligus menutup rangkaian program JA SparktheDream tahun kedua ini.

"Pogram ini merupakan komitmen kami untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya generasi muda, terhadap pentingnya literasi dan inklusi keuangan sebagai landasan utama untuk mencapai kesejahteraan finansial di sepanjang kehidupan mereka. Kami berharap semakin luasnya akses dan manfaat dari program ini dapat mendukung upaya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam meningkatkan inklusi keuangan masyarakat Indonesia secara signifikan dan berkelanjutan,” jelas Chief Human Resources &  Marketing Officer FWD Insurance Rudy F Manik dalam keterangan resminya yang dikutip Bisnis, Minggu (6/10/2024).

Ketua Dewan Pengurus Prestasi Junior Indonesia Pribadi Setiyanto mengungkapkan JA SparktheDream Social Challenge menjadi media untuk mengaplikasikan konsep-konsep finansial yang telah siswa pelajari bersama sukarelawan FWD Insurance di kelas. 

"Selain memperdalam pemahaman praktik pengelolaan keuangan, kompetisi ini juga memfasilitasi siswa untuk mengasah sejumlah keterampilan esensial yang berguna untuk masa depan mereka, yaitu berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi,” jelasnya.

Menurut dia, kompetisi Social Challenge merupakan bagian dari program JA SparktheDream yang memberikan pengetahuan dan keterampilan manajemen keuangan pribadi yang diperlukan siswa untuk mampu mengendalikan masa depan finansial mereka. 

Dalam kompetisi ini, siswa bekerja dalam tim untuk mengikuti tantangan ini dan membuat video pendek yang menyoroti isu sosial di komunitas lokal mereka beserta solusi yang diusulkan. 

"Dengan kegiatan ini, generasi muda dapat mewujudkan impian dan ide inovatif mereka menjadi sebuah aksi riil yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya dalam hal literasi keuangan," pungkasnya.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dea Andriyawan
Editor : Ajijah
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper