Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hatrick Juara Umum di PON XXI Aceh-Sumut, Ini Pesan Bey kepada Atlet Jabar

Kontingen Jawa Barat yang sukses meraih juara umum tiga kali berturut-turut di PON XXI Aceh-Sumut.
Prestasi kontingen Jawa Barat di PON XXI Aceh-Sumut
Prestasi kontingen Jawa Barat di PON XXI Aceh-Sumut

Bisnis.com, BANDUNG - Prestasi kontingen Jawa Barat yang sukses meraih juara umum tiga kali berturut-turut di PON XXI Aceh-Sumatera Utara harus jadi batu lompatan menuju kancah yang lebih tinggi.

Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin berharap, prestasi gemilang ini tidak hanya sebatas di kancah nasional, atau sekedar spesialias PON. 

"Saya sudah sampaikan ke Ketua KONI (Budiana). Setelah ini, kita fokus pada kejuaraan berikutnya. Kalau memang ada cabang (olahraga) yang kita potensi berprestasi tingkat internasional, kita dukung," kata Bey Machmudin usai menyambut kontingen PON Jabar di Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (26/9/2024).

Dia berharap Jabar dapat mengirimkan lebih banyak lagi atlet untuk mewakili Indonesia di ajang internasional, khususnya Olimpiade.

Dimana pada Olimpiade Paris 2024 lalu, hanya ada lima atlet asal Jabar yang turut serta, antaranya Fathur Gustafian di cabang olahraga menembak, Syifa Nur Afifah di panahan, Anthony Ginting, Fajar Alfian dan Gregoria Mariska Tanjung di bulutangkis.

"Kita dukung, semoga pada saatnya. Olimpiade, puncak dari olahraga, kita bisa mengirimkan atlet lebih banyak lagi. Tentunya tidak hanya partisipasi, tapi prestasi. Harapan kita itu. PON sarana perantara. Saya lihat kita punya modal untuk bicara di tingkat lebih jauh lagi. Asia Tenggara, Asia dan Olimpiade," katanya.

Bey mensyukuri karena Jabar berhasil hatrik di PON XXI Aceh-Sumatera Utara. "Kami berharap prestasi ini menular. Pembangunan, masalah stunting, pengangguran, kemiskinan, kita upayakan bersama-sama supaya lebih baik lagi," tuturnya.

Sementara mengenai bonus dari Pemprov Jabar bagi atlet peraih medali di PON XXI Aceh-Sumatera Utara, Bey Machmudin mengatakan bagi peraih medali emas mendapatkan Rp300 juta, perak Rp125 juta dan perunggu Rp60 juta. "Itu untuk perorangan, tapi untuk beregu hitungannya beda lagi," katanya.

Selain mengguyur bonus untuk atlet peraih medali di PON, Pemprov Jabar juga mengganjar bonus bagi atlet Jawa Barat yang meraih medali di Olimpiade Paris 2024. Yakni Gregoria Mariska Tanjung, yang sukses meraih medali perunggu Olimpiade Paris 2024 dari cabang olahraga bulutangkis, sebesar Rp300 juta.

Pada PON XXI Aceh-Sumatera Utara, Jawa Barat mengirimkan 1.210 atlet yang bertarung di 65 cabang olahraga (cabor).

Perolehan medali terbanyak yang sukses dikumpulkan kontingen Jabar yakni dari cabor menembak, dengan total 17 medali. Rinciannya 12 emas, 2 perak dan 3 perunggu.

Lalu dari cabor atletik, kontingen Jabar berhasil mendulang 9 emas, 8 perak dan 7 perunggu. Angkat berat, 9 emas, 3 perak dan 2 perunggu dan kanoe dengan 9 emas, 2 perak serta 2 perunggu.

Dalam syukuran Jabar Hatrik di PON XXI Aceh-Sumatera Utara, diikuti sekitar 1.500 orang yang terdiri dari atlet, pelatih, ofisial dan jajaran KONI Jawa Barat. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper